Siak Bakal Punya Objek Wisata Baru Peninggalan Bangsa Eropa, Namanya 'Tangsi Belanda'

Siak Bakal Punya Objek Wisata Baru Peninggalan Bangsa Eropa, Namanya 'Tangsi Belanda'

SIAK (RIAUSKY.COM) - Tak hanya Istana Asserayah Al Hasyimiah, Kabupaten Siak juga memiliki peninggalan sejarah menarik (bangunan kuno, red) yang dibangun di masa kolonial Belanda, bangunan tersebut yakni “Eks Tangsi Militer Belanda”.

Destinasi wisata baru ini berlokasi di Kampung Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak Riau.

Dilansir Infosiak.com, konon bangunan kuno peninggalan bangsa Eropa di Kabupaten Siak itu selesai dibangun oleh tentara Belanda pada sekitar tahun 1860 Masehi silam. Meski sudah berusia ratusan tahun, namun bangunan tersebut sampai hari ini masih tetap berdiri kokoh menghiasi tepian Sungai Siak.

Sebagai wujud kepedulian Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak terhadap situs sejarah yang ada, pada tahun 2019 ini Pemkab Siak melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) merealisasikan kegiatan perbaikan dan penataan halaman (lanscape, red) di kawasan sekitar eks Tangsi Militer Belanda. Dengan tujuan agar bangunan kuno peninggalan Bangsa Eropa di Siak itu nantinya bisa menjadi tempat wisata baru di Kabupaten Siak.

Kepala Dinas PU Tarukim Siak H Irving Kahar Arifin menuturkan, situs sejarah Tangsi Belanda yang ada di Kecamatan Mempura ini, nanti akan dimanfaatkan untuk acara puncak Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), dimana Kabupaten Siak telah ditunjuk sebagai tuan rumah.

“Rencananya nanti tahun 2020 tempat ini (Tangsi Belanda, red) akan dimanfaatkan untuk acara puncak Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). Insya Allah acara JKPI ini akan digelar pada bulan April 2020 mendatang, dan akan dihadiri oleh seluruh anggota JKPI yang berjumlah 70 kabupaten/kota se-Indonesia,” terang Irving, Sabtu (21/12/2019) siang.

Dengan telah selesainya pengerjaan lanscape di sekitar komplek Tangsi Belanda Siak itu, Pemkab Siak juga berencana akan meresmikan sekaligus memfungsikan Tangsi Belanda itu untuk kunjungan wisatawan mulai tahun 2020 mendatang. (R08)

Sumber: Infosiak.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index