Lestarikan Budaya Melayu, LAMR Pelalawan Taja Majelis Khitanan Massal Beradat

Lestarikan Budaya Melayu, LAMR Pelalawan Taja Majelis Khitanan Massal Beradat
Prosesi adat menjulang anak sebelum disunat rosul

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM)  - Dimaksudkan untuk  melestarikan budaya Melayu Riau, Khususnya Melayu Kabupaten Pelalawan, maka hari ini, Selasa (24 Desember 2019 Bertepatan 27 Rabiul Awal 1441 H) LAMR Pelalawan taja Majelis Khitanan Massal Beradat, hajatan sendiri diikuti tak kurang 60 orang anak, yang datang dari berbagai daerah. Dan dilangsungkan di gedung adat Datuk Bandar Setia Diraja, Pangkalan Kerinci.

Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Pelalawan, Datuk Sri Tengku Zulmizan Farinja Assegaff didampingi Sekum LAM Nurzepri, Kepada sejumlah awak media mengatakan, bahwa kegiatan Majelis Khitanan Massal Beradat, terselenggara berkat kerja LAM Kabupaten Pelalawan dengan April Grup.

"Hajatan ini kita gelar setiap tahun, dan ini telah memasuki tahun kedua. Kita patut bersyukur April Grup cukup peduli untuk melestarikan budaya melayu Riau khusus Budaya Melayu Kabupaten Pelalawan," jelasnya. Dan apa yang dilakukan April Grup dapat dijadikan contoh bagi perusahaan lain.

Dan pada perinsipnya, LAMR Kabupaten Pelalawan selalu membuka diri untuk bekerjasama dengan perusahaan lain. Sepajang hal tersebut dalam rangka melestarikan budaya Melayu Riau, khusus Budaya Melayu Kabupaten Pelalawan.

Pada kesempatan ini, Ia juga mengungkapkan terkait hajatan Majelis Khitanan Massal Beradat atau umum banyak yang menyebut dengan sunat rosul merupakan dalam rangka menjalankan sunnah Rasulullah SWA.

"Ya, ini dalam rangka menjalankan Sunnah Rasulullah SWA dan kalau adat memiliki cara tradisi yang telah diturun-temurun digenerasikan. Prosesi adat sendiri, mulai tepuk tepung tawar, anak dimandikan sekaligus dijulang tak lain dimaksudkan untuk menyenangkan hati anak. Sebab sunat rosul berati anak telah meninggalkan masa kanak dan masuk pada pase akhil bhaliqh," jelasnya.

Masih di acara yang sama, Wakil Bupati Pelalawan, sekaligus Datuk Timbalan Setia Amanah Kabupaten Pelalawan H.Zardewan mengapresiasi kegiatan yang ditaja LAM Kabupaten Pelalawan.

"Disamping melestarikan budaya melayu, kegiatan ini mendapat tempat dihati masyarakat. Dan kegiatan ini sangat membantu masyarakat khusus masyarakat kurang mampu,"imbuhnya apalagi digelar saat libur anak sekolah.

Kedepan sambung H.Zardewan, kegitan serupa handaknya kembali diselengarakan. Dan jumlah peserta lebih banyak lagi.

Sementara itu, mewakili APRIL GRUP  SHR Manager PT RAPP H. Mabrur mengatakan Melalui program CD, salah satunya kegiatan Sunatan Massal, perusahaan akan terus berkomitmen serta mendukung program bina sosial kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosialnya sehingga keberadaan perusahaan dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat. 

“Dalam program ini terciptanya komunikasi dan hubungan yang baik dengan perusahaan serta saling memberikan manfaat. Kegiatan sunatan massal ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dalam bidang kesehatan," urainya sekaligus menambahkan bahwa juga berkomitmen melestarikan budaya adat. (R09)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index