Inspiratif! Berawal dari Jualan Kue, Kini Lasmi Resmi Jadi Penghulu di Kampung Bukit Harapan-Siak

Inspiratif! Berawal dari Jualan Kue, Kini Lasmi Resmi Jadi Penghulu di Kampung Bukit Harapan-Siak
Lasmi, Penghulu Kampung Bukit Harapan-Siak

SIAK (RIAUSKY.COM) - Soal nasib itu urusan tuhan, manusia hanya bisa berusaha, seperti kisah inspiratif dari wanita di Kabupaten Siak ini.

Adalah Lasmi, yang baru saja dilantik menjadi Penghulu (Kepala Desa) di Kampung Bukit Harapan Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, Riau. 

Siapa sangka. sebelum ia menjabat penghulu, Lasmi sehari-hari hanya menjadi ibu rumah tangga, dan waktu kosong ia manfaatkan untuk berbisnis kue cemilan seperti Donat, Risoles, Roti Goreng dan lainnya secara online melalui media sosial Facebook miliknya.

Ia menjajakan produknya disekitar rumah, kantin-kantin sekolah hingga ke kampung sebelah di sekitar kampungnya. Dari bisnisnya itu, dalam satu bulan ia dapat meraup untung Rp500 ribu hingga Rp650 ribu. 

Bisnis rumahannya itu ia kerjakan hanya dihari Sabtu dan Minggu (Weekend), karena selain ia mengurus rumah tangga ia juga bekerja sebagai Kerani kampung Bukit Harapan.

Lasmi lahir di Kudus pada tanggal 26 Desember 1982 dari pasangan Ngariban dan Rubinah, Sejak umur delapan tahun ia sudah dibawa orang tuanya tinggal di daerah trans Kampung Bukit Harapan, Siak. 

Lasmi bersekolah dasar di SDN 059 Bukit Harapan tahun 1989 – 1995, kemudian lanjut ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bhakti Taruna tahun 1995 – 1998, lalu ia melanjutkan Sekolah Menengah Umum (SMU) Handayani Pekanbaru tahun 1998 – 2001, pendidikan terakhirnya ia lulus dari Akademi Keperawatan Abdurrab Pekanbaru tahun 2001 – 2004 dan mendapat gelar Angkatan Muda Keperawatan atau Amd. Kep.

Lasmi menikah tahun 2008 dengan seorang pria bernama Subakir, kini mereka dikarunia sepasang anak yaitu Fadli Kiram Al Baqir (10) dan Gendhis Shakila Almahyra (3). Subakir sehari-hari bekerja mengurus kebun sawit milik keluarga di kampungnya itu.

Berangkat dari keinginannya membenahi kampung yang ia tempati sejak masih kecil, ia memberanikan diri untuk mencalonkan diri sebagai penghulu Kampung Bukit Harapan itu, ia mengaku mendapat support atau dukungan dari dalam diri sendiri, suami, anak-anak serta keluarganya.

Dari penjaringan bakal calon penghulu di kampungnya, terpilih 2 calon pada Pemilihan Penghulu (Pilpung) serentak di Kampung Bukit Harapan Kecamatan Kerinci Kanan, Siak pada 20 November 2019 lalu yaitu Hanung Suseno dan Lasmi. Lasmi memenangkan pemilihan langsung itu dengan meraih suara sebanyak 381, ia menang selisih 35 suara atas Hanung Suseno yang meraih 346 suara.

Berkampanye dengan slogan ‘Bersama Kita Bisa’ menghantarkan Lasmi menjadi Penghulu di Kampungnya, dengan visi bersama masyarakat mewujudkan kampung Bukit Harapan yang jujur, adil, sejahtera, berbudaya dan berakhlakul karimah.

Kemenanganya itu kata Lasmi, diraih dengan doa dan dukungan dari semua pihak yang membantunya untuk mewujudkan keinginannya membenahi kampungnya itu.

“Alhamdulillah, senang tentunya karena saya terpilih dan bersyukur atas rahmat Allah SWT. Insya Allah saya siap mengemban tugas ini dengan amanah,” Ucap Lasmi kepada Infosiak. Jumat, (27/12/2019) malam melalui aplikasi pesan Whatsapp.

Ia mengatakan bahwa dirinya ikhlas menjadi abdi masyarakat dan akan menjalankan tugasnya dengan amanah, karena sudah menjadi keinginannya untuk maju menjadi penghulu.

“Walaupun saya wanita, saya siap menjalankan tugas dan menjadi pemimpin yang amanah,” tutupnya.

Kini Lasmi resmi bertugas setelah dilantik pada hari Jumat 27 Desember 2019 di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II Kecamatan Mempura oleh Bupati Siak bersama dengan 37 penghulu terpilih lainnya se-Kabupaten Siak. (R08)

Sumber: Infosiak.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index