Berasal dari India, Namanya Vetiver, Tanaman yang Diusulkan Kepala BNPB untuk Mencegah Terjadinya Longsor

Berasal dari India, Namanya Vetiver, Tanaman yang Diusulkan Kepala BNPB untuk Mencegah Terjadinya Longsor
Tumbuhan Vetiver (akar wangi). (foto: ist)

RIAUSKY.COM - Untuk mencegah terjadinya longsor, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengusulkan menanam tumbuhan Vetiver kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Doni menyampaikan hal itu saat menemani Presiden Jokowi meninjau lokasi bencana banjir dan longsor di Kecamatan Sukajaya, Bogor, Jawa Barat (Jabar) dari udara, Minggu (5/1/2020).

Lantas apakah Vetiver itu? Vetiver atau akar wangi (chrysopogon zizanioides) merupakan tumbuhan yang berasal dari India. Tumbuhan sejenis rumput ini masuk dalam keluarga Poaceae.

Vetiver dapat tumbuh mencapai 1,5 meter. Karakteristik dari tumbuhan ini memiliki batang yang tinggi dan panjang serta tipis.

Tumbuhan ini memiliki bunga berwarna ungu-kecoklatan. Akar tumbuhan ini, dapat menembus hingga kedalaman 1,8 meter.

Berbekal akar yang dalam itulah, membuat tumbuhan ini terlihat kokoh sehingga tidak mudah tercabut. Dengan kondisi tersebut, membuat tumbuhan ini sering difungsikan untuk menstabilkan rel kereta api.

Bahkan, tumbuhan ini dapat mencegah tanah longsor. Keunggulan lainnya, tumbuhan ini juga dapat memblokade air permukaan dan memperlambat aliran air.

Keunggulan terakhir, tumbuhan ini sangat toleran terhadap kekeringan dan dapat membantu melindungi tanah dari erosi

Sebelumnya, Doni menuturkan, Vetiver menjadi pilihan terbaik untuk ditanam di lahan bekas HGU yang telah digunduli, tanpa reboisasi. Akar wangi atau vetiver juga bisa mencegah longsor.

"Bioteknologi vetiver sudah diuji coba dan mendapat pengakuan World Bank bahkan PBB. Di banyak tempat dan negara, tanaman ini sudah dikenal luas sebagai tanaman pencegah longsor," tuturnya. (R02)

Sumber: iNews.id

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index