Siap-siap Panas! Akhir Januari, Riau Mulai Masuki Musim Kemarau

Siap-siap Panas! Akhir Januari, Riau Mulai Masuki Musim Kemarau
Ilustrasi/net

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Provinsi Riau diperkirakan akan memasuki masa transisi dari musim hujan ke musim panas pada akhir Januari 2020 ini. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprakirakan, masa transisi itu sudah akan dialami oleh sebagian wilayah Riau.

Kasi Data Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Marzuki mengatakan, transisi musim tersebut akan lebih dulu melanda wilayah Riau bagian Utara dan sebagian wilayah pesisir, seperti Bengkalis, Dumai, Rokan Hilir (Rohil), Siak dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Sekarang ini, kita curah hujan sudah mulai menurun. Kalau arah angin, dia tetap dominan saat bulan-bulan tertentu, seperti biasa sesuai dengan perputaran bulan,” kata Marzuki, Jumat (10/1/20).

Normalnya, kata Marzuki, wilayah Riau dalam setahun memang menghadapi dua kali musim kemarau dan musim hujan. Berdasarkan prakiraan, musim kemarau yang akan melanda Riau pada tahun ini juga tidak separah tahun 2019.

“Kalau kita prakirakan kemarau tahun ini kondisinya normal, tidak separah tahun lalu. Tapi nanti akan ditetapkan pada saat rapat musim nasional untuk prakiraan musim kita kedepan,” tuturnya.

Hasil analisis BMKG Stasiun Pekanbaru, untuk sementara ini diperkirakan kondisi atmosfer masih normal atau berada pada kondisi tidak kering dan tidak basah. Termasuk belum ada indikasi akan ada kekeringan seperti tahun kemarin. (R05/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index