PGRI Riau dan NITS Jepang Jajaki Kerja Sama

PGRI Riau dan NITS Jepang Jajaki Kerja Sama

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Provinsi Riau terus berusaha meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan. Salah satunya adalah upaya pelatihan peningkatan kualitas guru, baik di dalam negeri maupun luar negeri. 

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Riau yang merupakan wadah berkumpulnya guru di Provinsi Riau sebagai organisasi mitra strategis pemerintah juga mencoba mengambil peranan memperkuat program pemerintah Provinsi Riau menuju pendidikan Riau lebih baik, termasuk sektor peningkatan kualitas guru berbentuk pelatihan dalam dan luar negeri.

Salah satu yang dilakukan PGRI guna meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan di Provinsi Riau, adalah dengan menjajaki kerjasama dengan National Institute for School Teacher and Staf Development (NITS) Jepang.

"Dengan adanya ikatan MoU PGRI Riau maka kita bisa melakukan pengiriman guru secara berkala sesuai dengan program yang ada di NITS Jepang tersebut," kata Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PGRI Riau, Rudi Irawan SPd, kemarin.

Dikatakan Rudi, ada beberapa program yang akan dikolaborasikan dengan guru-guru di Riau seperti Administration and Managemen Education Program dan Program for Profesional Development Fasilitator, Profesional Developmet Programs Entrusted by Local Public. Kegiatan Seminar dan Symposium juga menjadi salah satu point kerjasama PGRI Riau denga NITS Jepang.

"Selanjutnya penguatan teknologi juga akan dikemas dalam Program Advisory Services for Local in-service Training Provider. Kalau pusat pelatihan guru yang berada di Kota Tsukuba, Ibaraki, Jepang, ini merupakan pusat pelatihan guru terbaik di Negeri Sakura,"jelas Rudi.

Sebagai langkah kongrit, Ketua PGRI Riau Dr Muhammad Syafii sudah berkunjung ke Jepang dan melakukan pembicaraan keinginan PGRI Riau bersama NITS Jepang untuk jalin kerjasama. Kedatangan Ketua PGRI di sana disambut oleh General Planing Section dan staf NITS,  Takeshi Karasawa.

"Kita berharap guru-guru di Riau bisa dilatih di negara yang terkenal dengan teknologinya itu,"ungkapnya. (R07/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index