Sedapnya! Baru Usulan, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Sebut ASN Bakal Dapat Dana Pensiun Rp 1 Miliar

Sedapnya! Baru Usulan, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Sebut ASN Bakal Dapat Dana Pensiun Rp 1 Miliar
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo - ANTARA/Nova Wahyudi

RIAUSKY.COM - Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengusulkan agar aparatur sipil negara (ASN) mendapatkan dana pensiun sebesar Rp 1 miliar. 

Ia mengatakan telah membahas hal tersebut dengan Menteri Keuangan serta pihak Bank Tabungan Negara (BTN).

"Kemarin kami sudah berkomunikasi dengan Ibu Menteri Keuangan soal bagaimana meningkatkan pensiun pegawai. Kita kemarin juga sudah mengundang BTN. BTN clear bisa menggaji dan kami juga sudah meminta begitu ASN pensiun minimal dapat Rp 1 miliar. Bisa dihitung dengan baik," kata Tjahjo di Hotel Bidakara Jakarta, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020) seperti dikutip dari detikcom.

Tjahjo juga sempat menyinggung soal dugaan korupsi di Asabri. Ia mengusulkan agar dana Asabri agar dipindahkan ke Taspen.

"Kalau boleh Asabri pindah aja ke Taspen karena sekarang ada 60 persen menguap uang TNI dan Polri. Saya kira itu contoh kecil yang harus ada konsolidasi," ujar dia.

Lebih lanjut, Tjahjo menyebutkan, dalam pembahasan dengan Menteri Keuangan, dia juga membahas soal tunjangan kinerja ASN. Dalam pembahasan itu, ia mencoba melakukan pemerataan tunjangan kinerja ASP di tiap daerah agar tidak jomplang.

"Tunjangan kinerja memang ada gaji 13 dan 14. Ibu Menkeu juga sudah setuju ada tunjangan kinerja. Sekarang masing-masing kementerian sedang dicek mengenai reformasi birokrasinya dengan baik, akutanbilitasnya dengan baik," sebut Tjahjo.

"Ini sedang disesuaikan. Kalau semua bisa di atas 80 persen, kan lumayan karena ada daerah yang Rp 500 ribu kenaikannya, ada yang Rp 5 juta kenaikannya. Saya kira ini penataan dalam konteks reformasi birokrasi," lanjutnya. (R01)

Sumber: detikcom

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index