Busyet! Pura-pura Jadi Pegawai Bank, Buruh Bangunan Bobol ATM, Hasilnya Buat Foya-foya, Begini Modusnya

Busyet! Pura-pura Jadi Pegawai Bank, Buruh Bangunan Bobol ATM, Hasilnya Buat Foya-foya, Begini Modusnya
Polisi memasang garis polisi di sekitar mesin ATM yang dibobol perampok. (Foto: iNews/Wimsalim).

RIAUSKY.COM - Seorang buruh bangunan Alberandi alias Randi (26), ditangkap polisi karena bobol ATM dan travel ke berbagai kota. Modus pelaku dengan membuat kartu korban tertelan dan meminta nomor PIN-nya.

Direskrimum Polda Sulsel, Kombes Pol Didik Agung Widjanarko mengatakan, dengan mengganjal slot kartu di mesin ATM, akan membuat kartu milik korban otomatis tertelan.

"Dia ini menunggu di sekitar ATM seolah-olah jadi pahlawan kesiangan," kata Didik saat dikonfirmasi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (1/3/2020) seperti dikutip dari iNews.id.

Ketika korban merasa kesulitan dan panik karena kartunya tertelan mesin, pelaku kemudian menawarkan korban agar menghubungi nomor telepon seorang pegawai bank, padahal itu nomor pribadi pelaku.

Korban pun menghubungi nomor tersebut. Sedangkan Randi keluar dari tempat tersebut dan bersiap-siap mengangkat telepon mengaku sebagai pegawai bank.

Saat itu juga pelaku meminta nomor PIN ATM korban alih-alih agar bisa mengeluarkan kartu yang tertelan. Korban yang panik akhirnya bersedia menyerahkan nomor PIN-nya tersebut.

"Sederhana sebenarnya, pola pelaku memanfaatkan korban yang panik," ujar dia.

Setelah nomor PIN disebutkan, pelaku menyampaikan bahwa kartu ATM yang tertelan di mesin, akan diantarkan langsung pegawai bank, sesuai dengan identitas lengkap korbannya.

Pelaku ternyata seorang residivis dalam kasus yang serupa. Randi dua tahun menjalani masa kurungan penjara. Setelah bebas pada 2018 lalu, pelaku kembali melakukan kejahatan.

"Ketika kasus pertama, dia hanya di wilayah Sulsel saja. Tapi kali ini dia keliling daerah dan berfoya-foya. Bila uangnya habis, dia kembali membobol ATM," katanya. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index