Dianugerahi Bapak Ekonomi Syariah, Ma'ruf Amin: MUI Rekomendasikan Bank Tanpa Bunga dan Riba Bank Haram

Jumat,06 Maret 2020 | 15:46:21 WIB
Dianugerahi Bapak Ekonomi Syariah, Ma'ruf Amin: MUI Rekomendasikan Bank Tanpa Bunga dan Riba Bank Haram
Ket Foto : Rektor UIN Suska Pekanbaru Prof Ahmad Mujahidin menyerahkan piagam penghargaan pada Wakil Presiden, Ma'ruf Amin.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma'ruf Amin terharu saat menerima gelar 'Bapak Ekonomi Syariah di Indonesia' dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska).

Ma'ruf Amin mengenang, bahwa saat itu ekonomi syariah ini awalnya bermula dari keinginan para ulama untuk melindungi umat supaya tidak bermuamalah yang tidak sesuai syariah. Terutama dalam proses transaksi perekonomian, salah satunya seperti perbankan yang tidak lepas dari sistem bunga atau riba yang diharamkan oleh Allah.

Hingga akhirnya, masalah riba ini pun dibahas dalam Lokakarya MUI tahun 1990. Dari sana, MUI merekomendasikan harus ada bank tanpa bunga atau sistem perbankan syariah dan menyatakan bahwa riba bank adalah haram.

"Sebenarnya di dalam proses pengembangan kemajuan ekonomi syariah di Indonesia ini, saya hanya merupakan bagian salah satu baut sekrup dari poses pengembangan itu," kata Ma'ruf Amin di aula lantai 5, Rektorat UIN Suska, Jumat (6/3/2020).

Oleh karena itu, kata Ma'ruf pun menganggap pemberian gelar ini sebagai penghormatan yang sangat luar biasa yang pernah ia terima.

"Saya ucapkan terima kasih kepada UIN Suska yang telah memberikan gelar ini. Saya menganggap pemberian gelar ini menjadi suatu penghormatan yang sangat luar biasa kepada saya," ucapnya.

Sementara itu, Rektor UIN Suska Riau, Prof Akhmad Mujahiddin mengatakan, bahwa gelar ini sengaja disematkan kepada Wapres Ma'ruf Amin sebagai bentuk apresiasi pihaknya sebagai keluarga besar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Di mana, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah memberikan gelar doctor honoris causa dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah memberikan gelar Profesor kepada Wapres Ma'ruf Amin.

"Oleh karena itu, UIN Suska Riau menganugerahi gelar kepada Wapres sebagai Bapak Ekonomi Syariah Indonesia. Anugerah ini diberikan atas karya dan peran Wapres dalam pengembangan ekonomi Syariah di Indonesia yang kami lihat dan pelajari," kata Rektor UIN.(R04)

Iklan Pajak Reklame Bapenda Pekanbaru



FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS