BI Riau Sosialisasikan QRIS ke Pengunjung Mal SKA Pekanbaru

BI Riau Sosialisasikan QRIS ke Pengunjung Mal SKA Pekanbaru
Kegiatan Pekan QRIS Bank Indonesia (BI) Riau di Mal SKA Pekanbaru

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Hari terakhir jelang acara puncak kegiatan Pekan QRIS, Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau sosialisasikan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) di pusat perbelanjaan, Mal SKA Pekanbaru, Jumat (13/3/2020).

Asral Mashuri selaku Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah (SP-PUR), Layanan dan Administrasi Kantor Perwakilan BI Provinsi Riau, menjelaskan, bahwa QRIS atau standar kode respons cepat ini merupakan jawaban atas tantangan digitalisasi yang membutuhkan akses transaksi yang serba cepat dalam menggunakan uang elektronik atau nontunai.

Menurutnya, selama ini pembayaran menggunakan uang elektronik hanya bisa dilakukan dalam satu jalur. Sehingga masyarakat harus memiliki banyak aplikasi untuk dapat melakukan pembayaran menggunakan uang elektronik. 

Namun dengan adanya QRIS ini akan sangat memudahkan masyarakat. Sehingga tidak perlu memiliki terlalu banyak dompet digital. 

"Dulu kalau Ovo hanya bisa bayar ke merchant Ovo. Dengan QRIS ini semuanya masuk, Gopay bisa bayar ke merchant Ovo dan sebagainya. Apapun aplikasinya barcode-nya cuma satu yaitu QRIS," ujar Asral.

Sebagai contoh, BI pun mengajak pengunjung mal untuk mencoba kemudahan bertransaksi menggunakan QRIS dengan membeli kopi seharga Rp1 rupiah di stand kopi di lokasi acara. Yang nantinya, para pengunjung yang membeli kopi ini tinggal meng-scan QRIS melalui dompet elektronik yang mereka gunakan, baik itu OVO, GoPay, Dana dan semacamnya untuk membayar.

"QRIS ini satu untuk semua. Mau pakai OVO, GoPay atau dompet elektronik apa aja, bisa dengan QRIS," ujarnya.

Sebagai catatan, adapun acara puncak pekan QRIS akan dilaksanakan iven Fun Walk QRIS pada tanggal 15 Maret 2020 yang akan di pusatkan di area car free day, samping Pustaka Wilayah Soeman HS, Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru. 

Iven utama yang dimulai pukul 06.00 s.d 09.00 WIB ini melibatkan seluruh staksholders, pemerintah daerah, anggota dewan, perbankan, masyarakat, pelaku UMKM. 

Untuk kegiatan ini, BI menyiapkan T-shirt yang akan dibagikan gratis untuk 1.500 peserta. Peserta juga berkesempatan meminum secangkir kopi dengan harga hanya Rp1. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index