Gempa 7,8 M di Batas Rusia-Jepang, Amerika Keluarkan Peringatan Tsunami

Gempa 7,8 M di Batas Rusia-Jepang,  Amerika Keluarkan Peringatan Tsunami
Peta ring of fire gempa dan potensi tsunami dunia.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)-  Otoritas Amerika mengeluarkan peringatan tsunami pada hari Rabu, 25 Maret 2020, setelah gempa berkekuatan 7,8 melanda Kepulauan Kuril Rusia yang berbatasan dengan Jepang.

Para pejabat meteorologi di Jepang tidak mengeluarkan peringatan tsunami, meskipun mereka mengatakan mungkin ada sedikit perubahan pasang surut.

Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika mengatakan sebuah pengawasan tsunami dikeluarkan untuk negara bagian Hawaii, sementara badan lain, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, mengatakan gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami yang merusak.

"Gelombang tsunami diperkirakan kurang dari 0,3 meter di atas tingkat pasang," kata pusat itu dalam pengumumannya tentang risiko ke pantai Hawaii, Jepang, Rusia dan pulau-pulau Pasifik di Midway, Marianas Utara dan Pulau Wake.

Asosiasi Meteorologi Jepang memperingatkan terhadap sedikit perubahan pasang surut tetapi mengatakan tidak ada peringatan atau bahkan pengawasan telah dikeluarkan.

Gempa bumi itu berpusat di 218 km (135 mil) selatan-tenggara kota Severo, melanda pada kedalaman 56,7 km (35 mil), ujar Survei Geologi AS (USGS). Belum ada laporan kerusakan atau korban.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index