Dorr...Dorr...Dorr! 2 Anggota KKB yang Serang PT Freeport Tewas Ditembak Aparat Gabungan

Dorr...Dorr...Dorr! 2 Anggota KKB yang Serang PT Freeport Tewas Ditembak Aparat Gabungan
Aparat gabungan melakukan penyergapan kelompok kriminal bersenjata di Papua (Foto: (Ist/Saldi Hermanto)

RIAUSKY.COM - Aparat gabungan Polri dan TNI melakukan penyergapan ke camp yang merupakan tempat persembunyian kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Djayanti, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua. 

Dalam penyergapan itu, aparat berhasil menembak mati dua orang serta mengamankan satu orang. Sementara beberapa anggota KKB lainnya terpantau melarikan diri ke dalam hutan dengan memegang senjata sebanyak empat pucuk.

KKB tersebut disinyalir merupakan para pelaku kasus penyerangan di Kantor PT Freeport Indonesia (PTFI), Distrik Kuala Kencana, pada Senin 30 Maret 2020. 

Dalam aksi penyerangan itu, KKB menembak mati seorang pekerja Freeport berkebangsaan Selandia Baru serta melukai beberapa pekerja lainnya.

"Dari hasil penegakan hukum tersebut 2 KKB MD ditembak oleh tim, karena hendak menembak petugas sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur. Selain itu 1 orang beri inisial IS diamankan di TKP," kata Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata di Timika, Kamis (9/4/2020).

"Pada saat petugas melakukan penegakan hukum, beberapa KKB lari masuk ke hutan dengan membawa senjata 4 pucuk tanpa membawa barang-barangnya," imbuhnya.

Setelah menguasai lokasi camp, tim dari Polres Mimika melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan berhasil mengumpulkan barang bukti berupa 1 airsoft gun merk Glock, 1 senjata rakitan, 162 butir peluru, 10 selongsong, 20 unit telepon seluler, 2 unit handy talky (HT), 3 lembar bendera corak bintang kejora, 3 kapak, 3 busur atau panah, 90 anak panah, 11 parang, 7 unit senapan angin dan 11 potongan senapan angin.

Kapolres menerangkan, penyergapan dilakukan setelah pihaknya berhasil mangamankan enam orang penyuplai bahan makanan dan amunisi ke KKB pada Selasa 7 April 2020, ketika melakukan razia.

"Dari hasil interogasi, penyelidikan di lapangan, serta dari beberapa informasi yang ada, tim melakukan analisa dugaan tempat yang menjadi tempat persembunyian KKB yang melakukan penembakan di kantor OB 1 kompleks PTFI di Kuala Kencana," terang Kapolres.

"Selanjutnya, aparat gabungan TNI-Polri bergerak cepat dengan melakukan penegakan hukum terhadap lokasi tempat persembunyian KKB," imbuhnya.

Kapolres menambahkan, hingga kini aparat keamanan sudah bisa memetakan beberapa lokasi persembunyian KKB beserta jaringannya. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan tindakan tegas yang salah satunya adalah melakukan pengejaran terhadap KKB yang telah melakukan tindakan melawan hukum.

"Aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap KKB. Dan untuk mencegah masuknya dukungan bahan makanan dan amunisi, akan ada peningkatan patroli dan razia, terutama di daerah jalur perlintasan KKB," katanya. (R03)

Sumber: Okezone.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index