Presiden Jokowi Terus Mengimbau, Jubir Luhut: Sampai Sekarang Belum Ada Pelarangan Mudik

Presiden Jokowi Terus Mengimbau, Jubir Luhut: Sampai Sekarang Belum Ada Pelarangan Mudik
Aktivitas transportasi publik dan pribadi memenuhi pintu tol Cikampek.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Pemerintah Jokowi Ma'ruf masih terus mengkaji kebijakan pelarangan mudik Lebaran di tengah merebaknya pandemi virus corona atau Covid-19. Salah satu pertimbangannya adalah faktor kesehatan dan keamanan masyarakat.

Juru Bicara Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi mengatakan, berbagai langkah akan diterapkan untuk menekan angka mudik. 

Apalagi fokus pemerintah saat ini adalah mencegah meluasnya Covid-19 dengan mengurangi atau membatasi pergerakan orang dari satu tempat ke tempat yang lain.

Kendati begitu, dirinya mengaku sejauh ini belum ada larangan untuk mudik Lebaran bagi masyarakat Indonesia. Namun imbauan untuk tidak mudik akan diteruskan dan digencarkan lagi.

"Sampai saat ini memang belum ada pelarangan mudik sambil terus dilakukan evaluasi sesuai perkembangan di lapangan," kata Jodi kepada merdeka.com, Senin (13/4/2020).

Dia mengatakan arus mudik yang terlihat lebih dini bukan karena faktor budaya, tetapi karena memang terpaksa. Misalnya, banyak pekerja informal di Jabodetabek yang terpaksa pulang kampung karena penghasilannya menurun sangat drastis atau bahkan hilang.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index