Banyak Penolakan, Akhirnya Menaker Tak Izinkan 500 TKA Asal Tiongkok Datang ke Indonesia

Banyak Penolakan, Akhirnya Menaker Tak Izinkan 500 TKA Asal Tiongkok Datang ke Indonesia
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. (Istimewa)

RIAUSKY.COM - Polemik terkait rencana kedatangan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok masih terus berlanjut, kabarnya pemerintah akhirnya menegaskan tidak memberi izin kepada TKA tersebut.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah pun menepis kabar tersebut. Ia mengatakan bahwa pihaknya tidak memperkenankan para pekerja asal Tiongkok tersebut untuk datang ke Indonesia.

“Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) juga telah melakukan pelarangan dan penghentian TKA dari RRT (Republik Rakyat Tiongkok) serta larangan sementara bagi orang asing masuk ke Indonesia,” ujar dia melalui telekonferensi pers, Jumat (1/5) kemarin seperti dikutip dari Jawapos.com.

Apalagi, Indonesia sendiri saat ini tengah menerapkan pembatasan transportasi yang telah diatur dalam Perturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa kedatangan TKA tersebut tidak akan terlaksana dalam waktu dekat.

Sebelumnya diberitakan para TKA tersebut hendak diboyong ke Tanah Air untuk mengerjakan salah satu proyek di kawasan Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara.

Kedatangan para TKA itu difasilitasi oleh salah satu perusahaan di daerah tersebut, yakni PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel. Kedua perusahaan ini bergerak di bidang industri pertambangan pengelolaan dan pemurnian biji nikel.

Alasan dua perusahaan ini membawa TKA di karenakan untuk mengerjakan pembangunan PLTU (pembangkit listrik tenaga uap). Mereka pun telah mengajukan Rencana Penggunaan TKA (RPTKA) Tiongkok kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index