Pemprov Riau Imbau Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Agar Tanam Tanaman Sela

Pemprov Riau Imbau Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Agar Tanam Tanaman Sela
Ilustrasi/net

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengirim surat imbauan kepada perusahaan perkebunan sawit yang beroperasi di Riau untuk menanam tanaman sela di area perkebunan.

Imbauan tersebut dimakaud sebagai upaya mengantisipasi menghadapi masa kerawanan pangan di tengah pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Riau. 

"Kita sudah surati perusahaan perkebunan untuk dapat memanfaatkan lahan-lahan perkebunan sawit ditanam tanaman sela," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Ahmad Syah Harrofie, Senin (11/5/2020). 

Asisten I Setdaprov Riau ini mengatakan, surat imbauan tersebut telah dikirim seminggu yang lalu. Dan pihaknya akan menindaklanjuti perusahaan perkebunan mana-mana yang sudah menerapkan imbauan iti.  

"Nanti kita minta rekan-rekan Disbun menindaklanjuti, kita ini tau juga perusahaan mana yang sudah menanam tanaman sela seperti jagung, ubi kayu dan lainnya," tukasnya. 

Tak hanya perusahaan perkebunan, sebelumnya Gubernur Riau Syamsuar juga mengajak bupati/walikota untuk memanfaatkan lahan kosong digunakan untuk ditanam tanaman pangan. 

Langkah tersebut untuk antisipasi ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Provinsi Riau. 

"Saya minta bupati/walikota se-Riau dapat memanfaatkan lahan yang terlantar agar digunakan untuk ditanam tanaman pangan. Baik itu tanaman padi, jagung, termasuk tanaman ubi kayu," katanya. (R06/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index