Polda Riau dan RAPP Salurkan 750 Paket Sembako kepada Masyarakat Pelalawan

Polda Riau dan RAPP Salurkan 750 Paket Sembako kepada Masyarakat Pelalawan
Penyaluran bantuan untuk masyarakat di Kabupaten Pelalawan oleh kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSi didampingi Kapolres Pelalawan AKBP M Hasyim Risahondua SIK MSi di Jalan Sultan Syarif Kasim KM 5.

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM)- Mengurangi beban masyarakat yang terdampak  pandemi corona (Covid-19), Kepolisian Daerah (Polda) Riau bersama Polres Pelalawan menyalurkan bantuan sebanyak 750 paket sembako kepada masyarakat Pelalawan, Jumat (15/5/2020). 

Bantuan ratusan paket bahan pokok masyarakat dalam Gerakan Bhakti Sosial Polri Peduli Covi-19 tersebut, diserahkan langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSi didampingi Kapolres Pelalawan AKBP M Hasyim Risahondua SIK MSi di Jalan Sultan Syarif Kasim KM 5, tepatnya di perladangan palawija samping Gardu PLN Kecamatan Pangkalan Kerinci. 

Kegiatan  tersebut dapat terselenggara berkat kepedulian dan sumbangan sukarela jajaran  Polda Riau, Polres Pelalawan, dan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan serta bantuan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Riau Pulp and Paper (RAPP) yang sangat peduli terhadap kondisi warga terdampak Covid-19.  

Di awal kegiatan, Kapolda Riau melepas rombongan kendaraan para Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan sejumlah pengendara becak motor untuk menyalurkan bantuan sembako itu, langsung kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 melalui door to door. 

Selanjutnya, Jendral bintang dua itu menyerahkan secara simbolis bantuan bibit tanaman palawija, pupuk,  dan alat-alat pertanian kepada sejumlah kelompok tani. 

Orang nomor satu di Polda Riau ini juga sempat melakukan penanaman budidaya palawija seperti jagung, timun, cabai, tomat, dan padi. 

Dia melakukan pelepasan bibit ikan kolam dan budidaya ikan dalam ember (budikdamber) jenis lele dan nila bersama kelompok tani di Kecamatan Pangkalan Kerinci, di lahan perladangan seluas 13 hektare.  

Kapolda Riau didampingi Kapolres Pelalawan mengatakan, penyerahan bantuan sembako ini sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian untuk membantu dan meringankan beban masyarakat yang mengalami kesulitan, khususnya akibat dari dampak wabah Covid-19. 

Seperti anak yatim, fakir miskin, pekerja tidak tetap atau buruh, pemulung, tukang becak, korban PHK serta masyarakat atau keluarga Polri dan TNI terdampak Covid-19. 

Sedangkan masyarakat penerima paket sembako ini, merupakan masyarakat yang sudah didata oleh para Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, dan Pemerintah Desa sehingga selanjutnya diverifikasi layak untuk menerima bantuan sebagai masyarakat terdampak Covid-19.  

"Jadi, ada sebanyak 750 paket sembako yang kita serahkan kepada tim Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa untuk disalurkan kepada masyarakat yang mengalami kesulitan akibat dari dampak wabah Covid-19. 

Untuk itu, kita berharap bantuan ini dapat sedikit meringankan beban masyarakat yang kesulitan akibat dampak Covid-19 ini," terangnya.  
Ditambahkan oleh Kapolda Riau, kegiatan ini juga merupakan sebuah upaya dalam rangka menggerakkan ekonomi kerakyatan dan mendukung ketahanan pangan masyarakat di masa pandemi Covid-19 sekarang ini. 

Di mana di saat kondisi ekonomi masyarakat telah mulai sulit dan melemah, maka potensi dari sektor pertanian menjadi upaya utama yang sangat menjanjikan untuk menopang kesulitan ekonomi tersebut. 

Diharapkan dengan adanya penanaman palawija di lahan seluas 13 hektare di perladangan  samping Gardu PLN Kecamatan Pangkalan Kerinci ini, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Negeri Amanah ini. Apalagi, dalam 14 hari ke depan, Pelalawan akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.  

Sementara itu, Bupati Pelalawan HM Harris, menambahkan  Pemkab Pelalawan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih terhadap program Polri yang dilaksanakan Kapolda Riau di Pelalawan. 

Baik bantuan sembako maupun budidaya tanaman palawija. Tentunya program ini akan berdampak meningkatkan hasil pangan dan juga kesejahteraan masyarakat Pelalawan. 

Turut hadir dalam kunjungan kerja perdana Kapolda Riau ke Pelalawan tersebut, Danrem 031 Wirabima Kolonel Inf M Syech Ismed, Bupati Pelalawan HM Harris, Direktur PT RAPP Mulya Nauli, Kapolres Pelaawan AKBP M Hasyim Risahondua SIK MSi, Kejari Pelalawan Nophy T Suo,  Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi ST MM, serta ratusan warga penerima bantuan sembako dan bibit palawija serta bibit ikan.(R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index