Lurah dan Satgas Apresiasi Aksi Relawan Mahasiswa KKN Unri Peduli Covid-19 di Kelurahan Simpang Tiga

Lurah dan Satgas Apresiasi Aksi Relawan Mahasiswa KKN Unri Peduli Covid-19 di Kelurahan Simpang Tiga

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Terkait adanya pandemi Covid-19 yang telah menjadi wabah diseluruh dunia termasuk Indonesia, sehingga terjadinya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang terjadi hampir diseluruh wilayah termasuk Riau dan khususnya di Pekanbaru, hal ini berimbas kepada dunia pendidikan. 

Saat ini sekelompok mahasiswa tengah melaksanakan pengabdian mereka kepada masyarakat yang dikenal Kuliah Kerja Nyata (KKN) di seluruh daerah, harus melakukan KKN ditengah pandemi Covid-19 di sekitar wilayah Pekanbaru karena diberlakukan PSBB serta untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Untuk itu Sekelompok Mahasiswa yang mengikuti KKN Covid-19 tengah melakukan kegiatan kerelawanan membantu Satgas atau pun desa dalam menangani Covid-19. Adapun durasi Kukerta yang biasanya 2 bulan untuk saat ini hanya 15 kali pertemuan. Kali ini kelompok KKN UNRI berjumlah 5 orang yakni Aulia Purnama Ramadhan sebagai ketua kelompok, bersama Winda Khairunnisa, Chintya Appriliani, Maulida Rahmi dan Derisma Wulandari.

Dari 15 kali pertemuan tersebut kegiatan yang telah tercapai berupa Koordinasi Bersama Lurah, Ketua LPM sekaligus Ketua Relawan Covid 19 Kelurahan Simpang Tiga, Bhabinkamtibmas Polsek Bukitraya, Babinsa TNI AU, dan Babinsa Danramil 05 Sail, Ketua Forum RT RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda , Pemuda Hijrah Ikatan Remaja Masjid di Kelurahan Simpang Tiga.

Selain itu Kegiatan peserta KKN juga melakukan Penggalangan Dana untuk Santunan Bingkisan Anak Yatim, Pembagian Nasi Kotak Kepada Masyarakat Kurang mampu, Donasi Beras, dan Pembuatan Masker Kain yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Ketua KKN Universitas Riau (UNRI) Aulia Purnama Ramadhan kepada riausky.com mengatakan “Alasan Kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat betapa pentingnya menggunakan masker saat berada di luar rumah ketika pandemi seperti sekarang ini, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan diri serta melakukan physical distancing.” ungkap Aulia sebagai Ketua Kelompok KKN Kerelawanan UNRI.

Selaku Ketua SATGAS dari KKN Relawan UNRI yang membimbing Mahasiswa selama di Lapangan. Susilo mengatakan, “Atas nama pribadi dan seluruh Relawan Covid-19 Kelurahan Simpang Tiga, mengucapkan terimakasih atas bantuan partisipasinya dari teman-teman Mahasiswa KKN UNRI ( Fakultas Hukum dan FISIP ) yang diketuai Aulia yang telah Berperan aktif memberikan edukasi tentang Pencegahan Bahaya Covid 19 di Kelurahan Simpang Tiga khususnya, dan juga sudah bertungkus lumus membantu dari awal hingga akhir Kegiatan Pembagian Sembako Tahap II dari Pemko Pekanbaru, mulai sembako sampai di posko hingga Pendistribusian Sembako ke warga”. Ungkap Susilo.

Sementara Lurah Muhammad Nasir mengatakan,  "Alhamdulillah, terimakasih Kepada Ketua dan Seluruh Relawan Covid - 19, Pak RT, Pak RW, anak-anak mahasiswa KKN UNIVERSITAS RIAU, serta seluruh warga masyarakat Kelurahan Simpang Tiga, semoga apa yang telah dilakukan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah SWT Aamiin Yarabbal a'lamin, selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan tahun 1441H." Ungkap Lurah Nasir.

Adapun kegiatan lain yang juga di ikuti oleh Aulia dan kelompok adalah, Turut aktif berpartisipasi dalam Kegiatan Rutinitas Pemberian bantuan Santunan Anak Yatim Masjid Al Ikhlas RW 01, untuk meringankan  beban masyarakat yg Terdampak Covid 19 khususnya di Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukitraya. Dan juga Pemberian takjil serta bukaan puasa langsung ke rumah warga yang membutuhkan pada Jum'at, 22 Mei 2020 / 29 Ramadhan 1441 Hijrah.

Pembagian buka puasa sebanyak 150 kotak merupakan kerjasama antara mahasiswa KKN dan Polsek Bukitraya yang diwakili oleh babinkamtibmas Aiptu Mahyudi Siregar.

"Melalui kegiatan Sosial selama bulan Ramadhan yang berkah ini kami juga mengharapkan bahwa keterbatasan ditengah pandemi tidak menghalang masyarakat untuk peduli dengan sesama." Harapan Aulia dan kelompoknya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index