Anda Warga DKI Jakarta, Patuhi Empat Pesan Gubernur Anies Soal Perayaan Idul Fitri Tahun Ini!

Anda Warga DKI Jakarta, Patuhi Empat Pesan Gubernur Anies Soal Perayaan  Idul Fitri Tahun Ini!
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan empat pesan bagi masyarakat dalam rangka menyambut Lebaran 2020. 

Empat pesan tersebut diungkapkannya dalam siaran langsung melalui akun media sosial Pemprov DKI pada Jumat (22/5).

Pertama, Anies meminta warga Jakarta secara khusus dan masyarakat Jabodetabek secara umum untuk menyambut Lebaran dengan menggemakan takbir di rumah masing-masing. 

Tidak perlu melakukan takbir keliling atau berbondong-bondong ke masjid. Dan kalau pun ada yang mengumandangkan takbir di masjid sebaiknya dilakukan secara bergantian. Anies meminta masyarakat mengikuti imbauan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Mari kita taati seruan MUI Jakarta dan DMI Jakarta. Seruan ini relevan untuk Jakarta. Bila ada yang bertanya apakah ada kampung hijau, kampung kuning, kampung merah, sesungguhnya Jakarta adalah satu kesatuan. Jakarta, Jabodetabek, masih merupakan satu kesatuan episenter di dalam penanganan wabah Covid-19,” tuturnya.

Kedua, Anies Baswedan meminta masyarakat untuk tetap berada di rumah baik sebelum Lebaran, hari H, maupun pasca Lebaran guna menghindari penyebaran virus Korona.

“Tetaplah berada di rumah pada hari menjelang Lebaran, di hari Lebaran dan di hari-hari sesudah Lebaran. Artinya jangan sampai kita melonggarkan diri, melupakan kedisiplinan yang sudah kita jaga 2 bulan, supaya kita tidak kembali pada situasi di bulan Maret. Hari-hari ke depan, tetaplah berada di rumah,” ungkap Anies Baswedan.

Ketiga, Anies mengimbau masyarakat melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Demikian juga dengan mengumandangkan takbir dan tahmid mengagungkan kebesaran Tuhan di hari Lebaran, sebaiknya dilaksanakan dari rumah. Jika masjid akan menggelar acara takbiran, dianjurkan dalam jumlah terbatas.

“Seperti tadi dianjurkan dengan jumlah 5 orang di tiap masjid untuk mengumandangkan takbir dari maghrib hingga menjelang salat Id. Dan rumah-rumah kita Insya Allah menjadi tempat dimana para orang tua memimpin, memandu keluarganya, menggaungkan kalimat takbir. Insya Allah ini akan menjadi pengalaman mengesankan bagi semuanya,” paparnya.

Keempat, Anies Baswedan mengatakan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bisa saja diperpanjang lagi jika masyarakat tidak mematuhi protokol Covid-19. Dalam kesempatan itu dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada keluarga-keluarga yang sudah menaati anjuran dari pemerintah tetap berada di rumah selama kurang lebih 2 bulan belakangan demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Anda pahlawan yang membawa Jakarta dalam kondisi yang lebih baik seperti sekarang. Kedisiplinan Anda membuat kota ini menjadi kota yang lebih aman dan bagi yang selama ini belum disiplin, mari ambil tanggung jawab,” ungkap Anies Baswedan.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index