Sudah 38 Orang, Klaster Kepulangan Santri Magetan Jawa Timur Korban Covid-19 Terbanyak di Riau

Sudah 38 Orang, Klaster Kepulangan Santri Magetan Jawa Timur Korban Covid-19 Terbanyak di Riau
Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Riau dr. Indra Yovi

PEKANBARU  (RIAUSKY.COM)- Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi mengatakan, klaster kepulangan santri pondok pesantren Megetan Jawa Timur (Jatim)  terbanyak pertama di Riau atau 38 orang. 

"Klaster pondok pesantren Temboro Magetan Jatim sampai hari ini totalnya ada 38 orang," kata Indra Yovi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, Sabtu (23/5/2020).

Indra Yovi mengatakan, klaster tersebut tersebar dibeberapa kabupaten/Kota di Riau, yakni di Kabupaten Indragiri Hilir, Bengkalis, Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai. 

Kemudian, lanjut Indra Yovi, kasus terbesar kedua adalah klaster Sukabumi Jawa Barat (Jabar) sebanyak 13 orang.  

"Kalau dilihat grafik Covid-19 di Provinsi Riau, seandainya klaster Magetan dan Sukabumi dikeluarkan, sebenarnya grafik Covid-19 di Riau relatif rata. Penambahannya rata-rata hanya 1 kasus pertiga hari," terangng 

"Artinya kalau kita melihat kondisi sekarang ini, kita harus mewaspadai orang yang datang ke Provinsi Riau. Karena ini akan menjadi masalah," sambungnya.

Apalagi dengan hari raya Idul Fitri, sebut Indra, kemungkinan ada banyak orang keluar dari Provinsi Riau dengan berbagai cara.  

"Walaupun sudah ada anjuran dilarang mudik, malahan sebagian orang sudah berada di kampung halamannya masing-masing," ujarnya.  

Lebih lanjut Yovi menyampaikan, jika dilihat data dari Dinas Perhubungan Riau, orang Riau kebanyakan pergi ke provinsi tetangga seperti Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

"Kalau yang lain lokal. Seperti orang Pekanbaru ke Bengkalis dan Pekanbaru ke Tembilahan," pungkasnya. 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index