Selamat Idul Fitri, Presiden Jokowi Tak Pulang ke Solo, Cukup di Istana Bogor Saja

Selamat Idul Fitri, Presiden Jokowi Tak Pulang ke Solo, Cukup di Istana Bogor Saja
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana menyampaikan ucapan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah. 

Sesuai sidang Isbat yang digelar Kemenag, Idul Fitri 1441 Hijriah ditetapkan pada Ahad (24/5/2020).

Jokowi dalam video yang diunggah mengungkapkan Hari Raya Idul Fitri tahun ini akan dirayakan seluruh umat muslim  dengan cara berbeda karena, berlangsung di tengah wabah virus corona (Covid-19).

Dia menuturkan, perayaan Idul Fitri kali ini membutuhkan kesabaran lebih banyak karena tidak dapat mudik bertemu keluarga. Menurutnya, keselamatan diri dan keluarga lebih utama saat merayakan Idul Fitri.

"Saya merasakan hal ini sangatlah berat, tapi keselamatan handai tolan dan sanak saudara tentu lebih penting. Dan harus menjadi prioritas kita semua," ucap Presiden Joko Widodo yang didampingi ibu Negara Iriana dalam video yang diunggah Sabtu (23/5/2020).

Menurutnya, dampak Covid-19 bukan hanya di Indonesia, namun melanda banyak negara. "Saya yakin, bersama-sama kita bangsa Indonesia akan mampu melewati ujian berat ini," katanya.


Tak Pulang ke Solo
Sementara itu, secara terpisah, Juru Bicara Presiden bidang Sosial, Angkie Yudistia menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan tidak akan mudik ke Solo, Jawa Tengah pada Lebaran tahun ini.

"Esok, Presiden akan merayakan Idulfitri di Istana Bogor, Jawa Barat," tulis Angkie dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/5/2020).

Angkie menegaskan, langkah tidak mudik ke Solo oleh Presiden Jokowi sebagai komitmen dalam penerapan physical distancing dan mengurangi potensi penyebaran Covid-19.

"Presiden selama ini beraktivitas di Ibu Kota Jakarta. Meskipun menggunakan skema work from home dalam setiap aktivitasnya serta meminimalisir kegiatan di luar," jelas dia.

Angkie menambahkan, diketahui Jakarta merupakan wilayah dengan kategori zona merah untuk Covid-19. Maka, Presiden dan keluarga tetap akan berada di Istana dalam pelaksanaan Idulfitri 1441 Hijriyah esok hari.

Kemudian, lanjut dia, untuk silaturrahmi atau open house, untuk sementara ditiadakan mengingat kondisi yang tidak memungkinkan.

"Komunikasi dengan jajaran kabinet dan pimpinan lembaga setingkat tetap dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Sejauh ini, setiap agenda pertemuan berlangsung secara daring dan belum ada arah untuk interaksi jarak dekat," lanjut Angkie.

Angkie menambahkan, Presiden Jokowi juga senantiasa akan tetap memantau perkembangan situasi nasional, utamanya penanganan pandemi covid-19. 

Kemudian, diingatkan kembali kepada seluruh masyarakat, pada saat silaturrahmi bersama keluarga esok, meskipun dalam lingkup kecil, agar tetap memerhatikan jarak interaksi serta menjaga kebersihan

"Salam hangat Presiden Joko Widodo untuk seluruh umat muslim dan warga Indonesia, Selamat Idul Fitri 1441 Hijriyah. Taqobbal Allahu Minna wa Minkum, mohon maaf lahir dan batin," Angkie menandasi.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index