Luhut: Mungkin Kita Ada Kurang di Awal, Tapi Sekarang Sudah Agak Bagus...

Luhut: Mungkin Kita Ada Kurang di Awal, Tapi Sekarang Sudah Agak Bagus...
Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA (RIAUSKY.COM)-  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mewanti-wanti masyarakat Indonesia untuk senantiasa tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan COVID-19. 

Lantaran, bila masyarakat tidak disiplin kemungkinan besar bakal terjadi gelombang kedua COVID-19 di Indonesia.

"Kalau nanti sudah new normal kita nggak disiplin, kembali kepada cara-cara yang tidak disiplin bisa timbul lagi second wave, gelombang kedua, itu kan bahaya," ujar Luhut dalam wawancara bersama RRI Pro 3 dikutip detikcom, Sabtu (23/5/2020).

Menurutnya, kedisiplinan seluruh masyarakat dapat membantu menghentikan penyebaran virus hingga lebih dari 60%.

"Jadi kita semua, saya dah bilang di mana saja, kita kumandangkan promosikan sebarluaskan untuk patuh pada protokol kesehatan. Itu kunci. Kalau itu dilakukan akan mengurangi lebih dari 60% potensi dari penularan tadi," sambungnya.

Meski saat ini masih berlaku PSBB, banyak masyarakat yang justru melanggar terang-terangan kebijakan tersebut. 

Untuk itu, Luhut kemudian mengakui bahwa pemerintah memang banyak kekurangan dalam memastikan kedisiplinan benar-benar ditegakkan oleh seluruh masyarakatnya.

"Pemerintah mungkin memang ada yang kurang di awal, tetapi sekarang sudah agak bagus. Kita belajar terus, dan kita perbaiki dan saya kira sekarang makin baik,'' kata dia.

''Jujur harus saya katakan nggak happy lah melihat itu, kan kasihan kadang-kadang rakyat kita ini banyak yang ga sadar bahwa kalau dia masuk ke daerah-daerah padat tanpa masker tanpa jaga jarak, peluang dia tertular itu tinggi. Tinggi sekali. Untuk itu, kita ini semua tokoh-tokoh lah yang merasa dirinya tokoh lah atau yang merasa dirinya intelektual lah, itu harus melakukan sosialisasi terus menerus," tutupnya.(R04)

    

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index