Jusuf Kalla dan Jimly Ashiddiqie Salat Ashar Berjamaah di Masjid Agung Al-Azhar

Jusuf Kalla dan Jimly Ashiddiqie Salat Ashar Berjamaah di Masjid Agung Al-Azhar
Jusuf Kalla bersama Jimly Ashiddiqie saat hendak melaksanakan salat ashar di Masjid Agung Al-Azhar. Foto: antaranews/kompas

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla melaksanakan shalat ashar berjamaah di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan, Rabu (3/6/2020). 

Kalla didampingi Ketua ICMI Pusat Prof Jimly Asshiddiqie beserta pengurus DMI Pusat serta pengurus Masjis Agung Al Azhar. 

Shalat ashar dilaksanakan secara berjamaah menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan membawa sajadah masing-masing. 

Sebelum shalat dilaksanakan, seperti dikutip dari  Antara, Kalla terlebih dahulu meninjau penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh relawan PMI bersama anggota Marinir TNI. 

Menurut informasi yang didapat di lapangan, Kalla meninjau persiapan masjid menghadapi era normal baru salah satunya di Masjid Agung Al Azhar. 

Selain itu, kedatangan Kalla untuk melihat persiapan untuk pelaksanan shalat Jumat perdana setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta berakhir. 

Menurut rencana, Kalla akan mengikuti shalat Jumat perdana di Masjid Agung Al Azhar. 

Masjid Agung Al-Azhar berencana menggelar shalat Jumat berjemaah jika pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta berakhir pada 4 Juni 2020. 

Hal tersebut dibenarkan Yahya selaku Kepala Urusan Rumah Tangga Masjid Agung Al-Azhar ketika dikonfirmasi. 

"Insya Allah akan kembali menyelenggarakan shalat Jumat. Namun, dengan catatan PSBB tidak diperpanjang," kata dia, Rabu.

Beberapa persiapan sudah dilakukan, di antaranya memberi pembatas agar warga bisa menunaikan shalat Jumat dengan aman. 
"Jemaah harus memakai masker dan dianjurkan membawa sajadah sendiri," ujar dia. 

Tidak ketinggalan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer juga disiapkan untuk warga yang ingin shalat. 

Namun, hal tersebut akan dilakukan jika pemerintah tidak kembali memperpanjang PSBB yang akan berakhir besok. 

"Kalau (PSBB) diperpanjang, kami tetap ikut aturan gubenur," ucap dia. 

Masjid Agung Al-Azhar merupakan masjid yang terletak di kompleks sekolah Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan adalah masjid terbesar pertama di Jakarta sebelum Istiqlal. 

Masjid ini mulai dibangun pada 1953 atas prakarsa sejumlah tokoh partai Masyumi dan selesai dibangun pada 1958. Nama Al-Azhar disematkan oleh Imam Besar Al-Azhar Mahmud Syaltut saat berkunjung pada 1960.(R04)

 

Sumber berita: kompas.com/ antaranews.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index