Tetap Perpanjang PSBB, Anies Putuskan Mal Bisa Buka Mulai Pekan Ketiga Juni

Tetap Perpanjang PSBB, Anies Putuskan Mal  Bisa  Buka Mulai Pekan Ketiga Juni
Anies Baswedan, Konferensi Pers Status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta. Ist

RIAUSKY.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan melalukan transisi pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Selama masa transisi ada pelonggaran kegiatan ekonomi termasuk perdagangan seperti pertokoan atau pusat belanja.

Dalam dokumen yang disampaikan Anies, soal jadwal pembukaan transisi fase I, bahwa pasar dan pusat perbelanjaan sudah bisa dibuka bertahap pada pekan ketiga Juni 2020, dan beroperasi dengan kapasitas hanya 50% untuk Senin-Jumat.

Selain itu disebutkan bahwa pertokoan/retail/showroom dan lainnya yang berdiri sendiri atau stand alone sudah bisa dilakukan pembukaan pada pekan kedua Juni 2020 selama 8-14 Juni 2020. Namun, hanya bisa dibuka 50% dari kapasitas dari periode Senin-Jumat.

Anies mengatakan ini masih tahap fase awal, yang akan dievaluasi. "kegiatan ekonomi prinsipnya sama jumlah peserta harus 50% dari kapasitas," kata Anies.

Anies juga memberi catatan jadwal ini tidak berlaku di mal atau pusat belanja yang berada di zona merah. 

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan mengatakan secara prinsip pihaknya sudah siap untuk membuka kembali mal. APPBI sudah punya ancar-ancar tanggal kapan mal akan buka, tapi ia belum berani berspekulasi.

"Kita siap-siap saja," katanya seperti dikutip dari cnbcindonesia.com. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index