Mulai Besok, Lion Air Group Kembali Terbang Angkut Penumpang Tujuan Domestik, Tapi Ada Syaratnya

Mulai Besok, Lion Air Group Kembali Terbang Angkut Penumpang Tujuan Domestik, Tapi Ada Syaratnya
Ilustrasi: Pekerja melakukan bongkar muat bagasi penumpang pesawat Lion Air, di Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat. - Bisnis/Rachman

RIAUSKY.COM - Jika tak ada perubahan, mulai besok, maskapai penerbangan Lion Air Group berencana akan kembali terbang untuk layanan penumpang berjadwal domestik.

Hal tersebut seiring makin banyaknya calon penumpang yang memahami persyaratan selama masa pandemi.

Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 menyederhanakan lagi persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap calon penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat udara. 

“Menurut surat edaran tersebut, calon penumpang hanya membutuhkan bukti tes kesehatan seperti PCR atau Rapid Test dan atau surat keterangan kesehatan,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya, Selasa (9/6) kemarin, seperti dikutip dari Jawapos.com.

Danang kembali mengingatkan, pada calon penumpang Lion Air Group yang akan bepergian mulai 10 Juni 2020 agar memperhatikan sejumlah hal. Hasil Rapid Test yang berlaku adalah 3 hari sebelum penerbangan. Sedangkan, hasil Reverse Transcription – Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang berlaku adalah 7 hari sebelum penerbangan.

Apabila kedua metode tes tersebut tidak tersedia di daerah asal, maka calon penumpang harus mendapatkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like illness) dari dokter rumah sakit/ Puskesmas. 

“Untuk itu calon penumpang Lion Air Group harus mencermati masa berlaku dari dokumen kesehatan yang digunakan,” ucapnya.

Selain itu, Lion Air Group juga mewajibkan calon penumpang tiba lebih awal 4 jam di terminal sebelum keberangkat. Penerbangan Lion Air Group domestik tetap di Terminal 2E dan internasional di Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

“Pelaksanaan penerbangan Lion Air Group tetap menjalankan protokol kesehatan, dengan harapan agar setiap operasional memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan (safety first) dan dalam upaya tidak menyebabkan penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index