Katanya Minum 'Ramuan Pancasila', 3 Pasien Covid-19 di Kendari Sembuh, Ini Tanggapan Pihak RSUD

Katanya Minum 'Ramuan Pancasila', 3 Pasien Covid-19 di Kendari Sembuh, Ini Tanggapan Pihak RSUD
Lima pasien positif corona di RSUD Kendari minum ramuan herbal Pancasila. Tiga di antaranya dinyatakan sembuh. (Foto: iNews/Febriyono Tamenk)

RIAUSKY.COM - Beredar sebuah video tentang tiga pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) dinyatakan sembuh setelah minum ramuan herbal Pancasila selama tiga hari berturut-turut viral di media sosial, Selasa (9/6/2020). 

Kabarnya, ketiga pasien itu sebelumnya dirawat di ruang isolasi RSUD Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) selama hampir dua minggu.

Dalam video tersebut, terlihat ada lima pasien yang diberikan ramuan herbal dalam kemasan botol oleh petugas medis. Ramuan herbal tersebut dinamakan “ramuan Pancasila”.

Setelah meminum ramuan tersebut selama tiga hari berturut-turut, tiga dari lima pasien positif corona tersebut dinyatakan negatif atau sembuh. Sontak video ini menjadi viral di media sosial.

Menanggapi video viral tersebut, Kepala RSUD Kota Kendari, dr Sukirman membenarkan jika kelima pasien tersebut merupakan pasien positif corona.

Namun, untuk memastikan apakah pasien sembuh akibat mengonsumsi ramuan Pancasila atau sebab lain masih dalam penelitian. Sebab, pasien itu sudah dirawat selama beberapa pecan dan sudah sering mendapatkan herbal dari rumah sakit.

“Kita belum bisa pastikan apakah karena ramuan herbal Pancasila ini atau sebab lain karena sudah bercampur minuman lainnya,” katanya.

Menurut Sukirman, ramuan herbal Pancasila ini merupakan komposisi herbal Pancasila 50 ml, 200 ml air, dan empat sendok teh madu. Setelah minum ramuan itu, hasil swab mereka dinyatakan negatif corona.

Diketahui saat ini masih ada empat pasien positif dan tiga pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih dirawat intensif di RSUD Kendari. (R04)

Sumber: iNews.id

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index