Ingatkan Warga Agar tetap Jaga Jarak, Dokter Cantik Reisa Broto: Jangan Pelukan, Salaman, Cium Tangan, Bisik-bisik Juga Dihindari

Ingatkan Warga Agar tetap Jaga Jarak, Dokter Cantik Reisa Broto: Jangan Pelukan, Salaman, Cium Tangan, Bisik-bisik Juga Dihindari
Dokter Reisa Broto Asmoro (Istimewa)

RIAUSKY.COM - Tidak ada jaminan seseorang tak bakal tertular covid-19, oleh karena itu, masyarakat diminta betul-betul menjaga kesehatan dan jaga jarak terutama di tempat umum.

Hal itu ditegaskan oleh Dokter Reisa Broto Asmoro yang mengajak agar masyarakat sungguh-sungguh memperhatikan physical distancing di tempat keramaian, tidak bersentuhan secara fisik.

“Jaga jarak dan jangan sentuhan fisik, seperti jabat tangan, berpelukan, salaman, cium tangan. Bahkan bisik-bisik sekalipun sebaiknya dihindari. Ingat banyak orang yang terkesan sehat tapi dia membawa virus,” paparnya.

Lebih lanjut, mantan finalis Puteri Indonesia itun mengingatkan bahwa virus Korona bisa menempel di banyak benda. Karena itu, masyarakat harus membiasakan diri tak langsung menyentuh lansia dan anak kecil jika belum mencuci tangan.

“Tidak memegang anak kecil apalagi bayi kalau kita bukan ortunya. Kita sempat baca bahwa ada bayi positif Covid-19 yang diduga tertular dari penjenguk, tentunya kategori orang tanpa gejala,” ungkapnya.

Reisa membandingkan dengan Jepang di mana tidak menerapkan lockdown tetapi memberlakukan kebijakan social conformity, yang merupakan kebiasaan menghindari keramaian dan kontak fisik.

“Social conformity adalah kepatuhan terhadap aturan otoritas pemerintah, disiplin menaati anjuran PSBB. Pencegahan lain tetap pakai masker apalagi kalau terpaksa berdekatan dengan orang lain, cuci tangan dengan air dan sabun,” tutupnya. (R04)

Sumber: Jawapos.com 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index