Usai Aksi Marah-marah, Hari Ini Presiden Jokowi Senang, 7 Perusahaan Asing Pindahkan Pabrik ke Indonesia, 5 dari China

Usai Aksi Marah-marah, Hari Ini Presiden Jokowi Senang, 7 Perusahaan Asing Pindahkan Pabrik ke Indonesia, 5 dari China
Presiden Joko Widodo/net

RIAUSKY.COM - Pemerintah menyebut tujuh perusahaan asing telah memastikan merelokasi pabrik ke Kawasan Industri Terpadu Batang, Jateng (Jawa Tengah).

Adapun ketujuh perusahaan asing itu adalah PT Meiloon Technology Indonesia, PT Sagami Indonesia, PT CDS Asia, PT Kenda Rubber Indonesia, PT Denso Indonesia, PT Panasonic Manufacturing Indonesia, dan PT LG Electronics Indonesia. Lima dari tujuh perusahaan itu merelokasi pabrik dari China.

“Saya senang hari ini ada tujuh (perusahaan relokasi pabrik ke Indonesia). Kemudian, ada 17 perusahaan yang punya komitmen besar sudah masuk ke 60%, hampir 100%,” kata Presiden saat meninjau Kawasan Industri Terpadu Batang, Selasa (30/6/2020) seperti dikutip dari okezone.com.

Bagaimana profil perusahan-perusahaan itu? Meiloon adalah perusahaan asal China. Korporasi ini merelokasi pabrik dari Suzhou, China.

Sebelumnya pabrik di Taiwan dan China merupakan pusat produksi untuk pasar global. Rencananya, relokasi pabrik ini akan menyerap lebih dari 8.000 tenaga kerja dengan nilai investasi USD90 juta.

Sagami merupakan perusahaan elektronika untuk komponen kendaraan bermotor. Perusahaan asing ini juga merelokasi pabrik dari Shenzen, China.

Perusahaan menilai biaya produksi di Indonesia lebih kompetitif dibandingkan Negeri Tirai Bambu. Sagami akan menyerap lebih dari 6.500 tenaga dengan nilai investasi USD50 juta.

Selanjutnya, perusahaan yang akan merelokasi pabrik ke Indonesia adalah CDS Asia atau Alpan. Perusahaan ini merelokasi pabrik dari Xiamen, China, karena Indonesia bebas tarif impor ke Amerika Serikat (AS).

Sedangkan pengiriman produk dari China kena tarif 25 persen. Perusahaan asing ini akan menyerap lebih dari 3.500 tenaga kerja dengan nilai investasi USD14 juta.

Perusahaan keempat adalah Kenda yang akan mempekerjakan lebih dari 3.000 tenaga kerja. Pabrik dengan nilai investasi USD150 juta ini direlokasi dari Shenzen, China, karena peningkatan permintaan pasar di Indonesia.

Selanjutnya, Denso, perusahaan yang bergerak di industri suku cadang kendaraan bermotor akan merelokasi pabrik dari Jepang ke Batang. Alasannya, Indonesia dinilai sebagai lokasi terbaik di kawasan ASEAN.

Perusahaan asing ini akan membuka lapangan pekerjaan baru sebanyak lebih dari 1.500 orang dengan nilai investasi USD138 juta. Demikian seperti dilansir Solopos.

Perusahaan keenam adalah Panasonic yang memiliki lini bisnis barang elektronik. Seperti kebanyakan perusahaan lainnya, Panasonic merelokasi pabrik dari China.

Panasonic hendak menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor sejumlah produk home appliances. Pabrik Panasonic di Batang akan membuat lapangan pekerjaan baru bagi lebih dari 1.940 orang.

Perusahaan terakhir yang telah berkomitmen adalah LG. Pabrik yang akan memperkerjakan lebih dari 6.010 orang ini merupakan relokasi dari Korea Selatan.

LG memiliki rencana menjadikan Indonesia sebagai hub baru yang menjangkau pasar Asia dan Australia. Nilai investasi yang digelontorkan perusahaan asing ini adalah USD378 juta. (R02)

Sumber: Okezone.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index