Atraksi Barongsai Meriahkan Imlek di Siak

Atraksi Barongsai Meriahkan Imlek di Siak

SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Memeriahkan hari Raya Imlek tahun 2567, yang berlangsung pada hari Senin tanggal 8 Februari 2016 kemarin. Persatuan group Barongsai warga Tiong Hoa Siak, yang turun dari Kelenteng Hock Siu Kiong, jalan Sultan Ismail No 25, Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Siak, warga Tiong Hoa yang berdomisili di seputar ibu kota Kecamatan Siak, Selasa (9/2) menggelar kegiatan hiburan Barongsai.

 
Acara yang digelar pada setiap tahunnya, terutama pada acara-acara tertentu, seperti memeriahkan hari raya Imlek, budaya Barongsai ini, makin tahun makin berkembang di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Siak. 
 
Kendati di Kecamatan Siak dan masyarakat Kabupaten Siak, pada umumnya memiliki agama yang berbeda dan memiliki cultur suku yang beragam, namun kelanggengan dan keharmonisan dari umat beragama yang ada di Kabupaten Siak ini cukup baik dan rasa hormatnya sangat tinggi. Ini terbukti, saat acara Barongsai ini digelar tak sedikit masyarakat yang terhimpun dari berbagai suku dan agama ikut menyaksikan atraksi Barongsai ini.
 
Sementara itu, rombongan Barongsai yang menampilkan berbagai pertunjukkan dan atraksi yang memukau, satu demi satu setiap rumah warga Tiong Hoa ini, dimasuki oleh rombongan Barongsai guna mengambil sejumlah Angpau yang diletakkan oleh pemilik rumah.
 
Tokoh masyarakat Tiong Hoa Siak Apeng alias Ipin mengatakan, untuk memeriahkan hari raya Imlek, warga Tiong Hoa, setiap tahunnya terus menggelar kegiatan Barongsai.
 
"Acara Barongsai ini merupakan tradisi bagi masyarakat Tionghoa yang diwariskan oleh leluhur kami, jadi setiap Imlek, Cap Go Meh maupun menjelang Cap Go Meh, Barongsai tersebut terus kami gelar," ungkap Ipin.
 
Menurut Ipin, acara Barongsai ini tidak saja dilaksanakan saat Imlek dan pada malam Cap Go Meh saja, akan tetapi pada acara-acara daerah, yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Siak. 
 
"Barongsai juga selalu diundang untuk mengisi acara tersebut. Oleh sebab itu, kita berharap tradisi Barongsai yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Siak ini, nantinya bisa menjadi kalender wisata bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Siak," pungkasnya. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index