Kabar Duka! Tiga Dokter di Jawa Timur Wafat karena Positif Covid-19

Kabar Duka! Tiga Dokter di Jawa Timur Wafat karena Positif Covid-19
Tiga dokter anggota Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) wafat karena positif Covid-19. (Foto: Twitter)

RIAUSKY.COM - Kabar duka, tiga dokter anggota Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) wafat karena positif Covid-19. Adapun tiga dokter keseluruhan bertugas di Jawa Timur (Jatim). 

Mereka yang wafat karena berada di garda depan menangani pasien terpapar virus tersebut yakni dr Arief Agoestono Hadi, anggota IDI Cabang Lamongan.

Kemudian, anggota IDI Cabang Gresik dr Budi Luhur, dan anggota IDI Surabaya dr Deni Chrismono Raharjo. PB IDI mengonfirmasi kematian para tenaga medis ini karena terpapar virus corona.

“Meninggal kemarin, 12 Juli 2020. Ketiganya positif Covid-19,” kata Pejabat Humas PB IDI Halik Malik, saat dihubungi iNews.id, Senin (13/7/2020).

Deni Chrismono merupakan dokter di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur, Surabaya. Dia meninggal dunia dalam perawatan di RSU dr Soetomo.

Jatim kini menjadi daerah paling parah terpapar Covid-19. Data Gugus Tugas Nasional pada Minggu kemarin, Jatim mencatat lonjakan kasus baru sebanyak 518 kasus, sehingga total menjadi 16.658.

Tingginya kasus Covid-19 di Jatim antara lain karena rendahnya kedisiplinan masyarakat dalam menggunakan masker. Kondisi ini pun disesalkan Presiden Joko Widodo.

"Survei menyebut 70 persen masyarakat di Jatim tidak memakai masker, oleh sebab itu masifkan gerakan nasional disiplin protokol kesehatan," kata Jokowi dalam pengantar rapat terbatas penanganan Covid-19 di Istana Negara, Jakarta, Senin pagi.

Jokowi pun meminta semua elemen di Jatim mulai dari TNI, Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, mahasiswa hingga ormas untuk menggalakkan gerakan nasional disiplin protokol kesehatan. Ini antara lain dapat dilakukan dengan membangun komunikasi yang partisipatif.

Data Gugus Tugas juga menunjukkan jumlah pasien yang meninggal akibat Covid-19 di Jatim bertambah 20 orang atau terbanyak di Indonesia. Dengan demikian total jumlah pasien yang meninggal di Jatim akibat Covid-19 ada 1.208 orang. Adapun pasien sembuh juga melonjak menjadi 6.341 orang. (R04)

Sumber: iNews.id

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index