Soal Petinggi Milenial di BUMN, Erick: Punya Kapasitas, Ini Nggak Main Suntik Aja!

Soal Petinggi Milenial di BUMN, Erick: Punya Kapasitas, Ini Nggak Main Suntik Aja!
Erick Thohir

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Erick Thohir mengeskan kalau pengangkatan milinial jadi direksi ataupun komisaris di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) didasari atas kapabilitas yang dimiliki.

Menteri BUMN mengatakan, mayoritas penduduk Indonesia adalah anak muda. Jadi, sudah sewajarnya jika dunia birokrasi, khususnya di BUMN diisi oleh anak-anak muda yang memiliki kemampuan manajerial.

"Saya pikir jangan dikotomi, seakan-akan ini eksperimen atau ini sebuah kebijakan yang sekedar menghibur sekelompok orang, bukan itu. Kalau kita lihat penduduk Indonesia mayoritas ini anak muda," ujar Erick dalam sesi wawancara yang diunggah dalam akun Instagramnya @erickthohir, Minggu (11/7/2020), seperti dikutip dari Okezone.com.

Kata dia, sejak awal dipercaya menjadi Menteri BUMN, dirinya berkeinginan keras untuk merekrut sejumlah milenial yang berkompeten untuk mengisi posisi strategis di kementeriannya. Targetnya sebanyak 50% milennial yang mengambil peran penting di BUMN.

Bahkan, dirinya membandingkan kementerian yang dipimpinnya dengan Astra Group. Kata Erick, di perusahan swasta tersebut ada 70%milenial yang mengisi posisi penting.

"Kalau kita bandingkan dengan Astra, Astra itu 70% milenial lho, nah BUMN saja baru 40%saja yang milenial. Nah, ini yang saya mau sejak awal komposisi direksi itu 50% milenial," jelasnya.

Erick juga menceritakan bahwa merekrut anak muda bukanlah pekerjaan muda. Pasalnya, mereka harus beradaptasi dengan dunia birokrasi yang kerap dinilai kaku. 

Sejak awal, lanjut dia, pihaknya mencoba meyakinkan para milenial agar bersedia bergabung di dalam jajaran direksi BUMN.

"Dan meyakinkan mereka gabung juga tidak mudah, jadi saya tetap mencoba mengambil beberapa milenial untuk masuk ke dalam jajaran direksi supaya jajaran direksi, tetapi milenial yang saya tarik ini juga punya kapasitas, bukan main suntik saja, termasuk figur di komisaris," ungkapnya. (R04)

Sumber: Okezone.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index