Jelang Hari Raya Haji, Harga Kelapa Sawit di Riau Naik, Ini Penyebabnya

Selasa, 28 Juli 2020 | 18:15:00 WIB
Jelang Hari Raya Haji, Harga Kelapa Sawit di Riau Naik, Ini Penyebabnya
Ket Foto : Shutterstock

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Harga kelapa sawit penetapan ke 30 bulan Juli 2020 (periode 29 Juli – 4 Agustus) di tahun 2020 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 183,68/Kg atau mencapai 10,95 ?ri harga minggu lalu.

Kepala dinas perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, kenaikan harga kelapa sawit ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. 

Untuk faktor internal, naiknya harga kelapa periodenya ini disebabkan oleh terjadinya kenaikan harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan yang menjadi sumber data.

"Tercatat rata-rata kenaikan harga jual CPO mencapai Rp 695,05/Kg dan rata-rata kenaikan harga jual kernel mencapai Rp 271,41/Kg. Untuk harga jual CPO, Sinar Mas Group mengalami kenaikan sebesar Rp 851,00/Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 434,45/Kg, dan Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp 799,69/Kg dari harga minggu lalu," katanya.

Sedangkan untuk harga jual kernel, Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp 306,82/Kg, dan PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikan sebesar Rp 236,00/Kg dari harga minggu lalu. Sementara dari faktor eksternal, kenaikan harga TBS periode ini dipicu oleh penurunan produksi akibat fenomena alam.

"Selain itu, penguatan harga CPO juga ditopang permintaan yang mulai membaik setelah relaksasi lockdown di India dan China yang merupakan pengimpor minyak nabati terbesar di dunia. Suplai yang menurun atau berkurang diikuti dengan permintaan yang melonjak tentunya membuat harga minyak kelapa sawit terkerek naik," jelasnya. (R06/MCRiau)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
#Kelapa Sawit Index »
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS