Cerita Menkumham Yasonna Sulit Urus Paspor, 'Medan Itu Dulu Paling Brengsek, Calo Dimana-mana, Kayak Neraka'

Cerita Menkumham Yasonna Sulit Urus Paspor, 'Medan Itu Dulu Paling Brengsek, Calo Dimana-mana, Kayak Neraka'
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly

RIAUSKY.COM - Siapa sangka, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly pernah mengalami hal buruk saat mengurus paspor.

Yasonna bercerita soal kantor imigrasi paling buruk, saat dirinya ingin mengurus paspor di tahun 1983. Saat itu, Yasonna mengaku masih beprofesi sebagai dosen dan hendak sekolah ke Amerika.

"Medan itu paling antah brantah, itu dulu paling brengsek di mana-mana calo, dari meja ke meja saya tahun 83 ngurus paspor mau ke Amerika sekolah, itu ngurus paspor kayak neraka!" kata Yasonna saat memimpin apel pembekalan WBK/WBBM di Kantor Kemenkumham, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (3/8/2020).

Menurutnya, saat itu terjadi suap di setiap meja registrasi. Mulai dari urus foto, pemberkasan, dan setiap jenjang pengurusan paspor.

"Mau foto ada suap, ngasi berkas suap, mukanya sangar lagi, tetapi sekarang? Kanim kelas 1 medan, sudah WBN!," bangga Yasonna, seperti dilansir Merdeka.com.

Bahkan katanya, seluruh kanim di Indonesia bisa mengikuti jejak Medan yang terus memperbaiki diri. Asalkan semua pribadi dapat berintegritas anti suap dan bersih.

"Ini medan bung! Bisa karena leader, pegawai-pegawainya komit, if you believe you can do it!" tuturnya. (R01)

Sumber: Liputan6.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index