Kunjungan Kerja ke Marpoyan Damai, Sarjoko Ajak Kecamatan dan Kelurahan Libatkan LPM pada Program Pemberdayaan

Kunjungan Kerja ke Marpoyan Damai, Sarjoko Ajak Kecamatan dan Kelurahan Libatkan LPM pada Program Pemberdayaan
Foto bersama jajaran pengurus DPD LPM Pekanbaru dan pemerintah kecamatan dan kelurahan di Marpoyan Damai juga LPM kecamatan dan kelurahan se Marpoyan Damai.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Jajaran Dewan pimpinan Daerah  Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Pekanbaru kembali melanjutkan kunjungan kerja ke kecamatan dan kelurahan. 

Pada Kamis (13/8/2020), rombongan yang dimpimpin langsung Ketua LPM Pekanbaru Sarjoko didampingi Sekretaris, Alizar, Kasubag Pemberdayaan Adriyani, jajaran pengurus LPM Herlan Lambessy, Hozy Mubarak, Nelson Pakpahan, Azwita, Donald  melakukan kunjungan ke Kantor Camat Marpoyan Damai. 

Rombongan diterima langsung oleh Camat Marpoyan Damai Junaidi serta jajaran kelurahan  juga jajaran pengurus LPM kecamatan dipimpin Ketua DPC Syafrinal juga ketua LPMK di aula pertemuan di lantai 2 kantor pemerintah yang terletak di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru itu. 

''Kami berterima kasih kepada Bapak Camat dan jajaran juga seluruh lurah yang hadir menerima kunjungan ini. Momen ini penting bagi kami LPM, untuk terus memperkokoh kerja sama dan sinergi antara jajaran LPM di tingkat kelurahan dan kecamatan dengan pemerintah setempat,'' ungkap Sarjoko di awal pertemuan.

Disebutkan Sarjoko, LPM adalah mitra pemerintah dalam menyukseskan pembangunan di Kota Pekanbaru. Karena itulah, kami berharap LPM di tingkat kelurahan dan kecamatan benar-benar dilibatkan dalam hal yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. ''Kita berharap ada sinergi, sehingga program yang dilaksanakan juga bisa terlaksana dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada di tengah masyarakat,'' kata Sarjoko.

Ketua DPD LPM Pekanbaru Sarjoko saat memberi sambutan di Kecamatan Marpoyan Damai. 

Selama ini, dikatakan dia, pihaknya tidak menafikan masih ada jajaran LPM dan pemerintah yang belum saling bersinergi. Hal tersebut tentu saja kurang baik. ''Kedatangan ini, kami harapkan bisa lebih merekatkan dan lebih mengokohkan peran dari LPM dan pemerintah setempat,'' ungkap Sarjoko.

Mengingat peran LPM yang juga menjadi mitra pemerintah, pihaknya juga berharap pemerintah kelurahan dan kecamatan bisa memberikan tempat agar LPM juga bisa berperan. 

''Kalau ada ruangan, tentu kami berterima kasih sekali, kalau pun tidak, ada bangku dan kursi pun boleh, ini lebih sebagai upaya agar  pengurus LPM Kelurahan maupun kecamatan bisa terus aktif dalam membangun koordinasi dalam peran pemberdayaan masyarakat ini. Mereka hadir dan selalu ada saat pemerintah butuh masukan dan perannya,'' ungkap Sarjoko. 

Menanggapi harapan tersebut, Camat Marpoyan Damai, Junaidi pun mengaku sangat respek dan pihaknya menyebutkan sejauh ini pihaknya sudah menyediakan tempat untuk jajaran LPM khususnya di tingkat kecamatan bisa beraktifitas. ''Kami mendorong agar di tingkat kelurahan, para lurah juga bisa mendorong agar peran LPM bisa maksimal, mengingat LPM di tingkat kelurahan dan kecamatan berada dan berhubungan langsung dengan masyarakat,'' ungkap Junaidi. 

Junaidi juga menjelaskan, sejauh ini, sinergi antara LPM dan pemerintah kecamatan dan kelurahan di Marpoyan Damai berjalan cukup baik. Hal tersebut ditandai dengan keterlibatan jajaran LPM di Marpoyan Damai dalam banyak agenda kecamatan dan kelurahan maupun di tingkat kota Pekanbaru. 

''Marpoyan Damai ini, sesuai namanya, walaupun selalu penuh dengan diskusi, tapi tetap damai. Kami selalu berdiskusi dan melibatkan LPM sebagai salah satu lembaga yang keberadaannya memang diatur melalui Permendagri maupun Perwako dan diharapkan kebersamaan itu bisa terus terjaga dengan baik untuk membantu masyarakat, khususnya dalam hal yang berkaitan dengan pemberdayaan,'' ungkap Junaidi.

Sementara itu, Sekretaris LPM Pekanbaru, Alizar mengungkapkan sejumlah perkembangan baru dari hasil Musyawarah Nasional DPP LPM, salah satunya dengan terpilihnya Doli Kurnia Tanjung sebagai Ketua Umum LPM. 

''Munas ini juga menghasilkan sejumlah rekomendasi tentang kebijakan LPM selain memilih Bapak Doli Kurnia Tanjung sebagai Ketua Umum,'' ungkap Alizar. 

Dalam kesempatan itu, Alizar juga menegaskan beberapa kondisi pasca Mukerda LPM Pekanbaru, yang berkaitan dengan penguatan peran keorganisasian, tugas pokok dan fungsi  (tupoksi) juga masa tugas kepengurusan dengan mengacu pada Keputusan Mendagri juga revisi Perwako yang sedang dalam penyempurnaan. 

Sementara itu, pada  sesi diskusi, Ketua DPD LPM Pekanbaru Sarjoko yang biasa disapa Asun  juga mengajak seluruh jajaran LPM baik di kecamatan dan kelurahan untuk ikut bersama membesarkan LPM dan membantu tugas-tugas pemerintah. 

''LPM ini adalah ladang pengabdian, membangun kebersamaan. LPM Pekanbaru saat ini juga punya kantor yang sangat bagus, bahkan, terbagus di Indonesia. Karena itulah, saya mengajak semua pengurus LPM, bahwa kantor kita itu bukanlah milik DPD LPM. Itu adalah kantor LPM se Kota Pekanbaru. Siapapun boleh datang, boleh ambil peranan di sana. Jadi silakan, sama-sama digunakan untuk memajukan LPM dan meningkatkan keberdayaan masyarakat dan bersinergi dengan pemerintah untuk membangun kota Pekanbaru, khususnya,'' papar Sarjoko. 

Namun begitu, dia berharap, di tingkat kelurahan maupun kecamatan, pemerintah setempat bersedia melibatkan LPM. ''LPM tidak meminta apa-apa, hanya agar dilibatkan saja untuk pemberdayaan, juga membantu tugas pemerintah di tengah masyarakat,'' ungkap Sarjoko.(R04)


 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index