Saat Presiden Jokowi Sebut Resesi Sudah Dekat, ''Kita Masih Punya Waktu Satu Bulan...''

Saat Presiden Jokowi Sebut Resesi Sudah Dekat, ''Kita Masih Punya Waktu Satu Bulan...''
Presiden Joko Widodo

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Ancaman resesi kini menjadi pekerjaan rumah yang harus dihadapi oleh pemerintah. Jika di kuartal III-2020 ekonomi RI kembali terkontraksi maka Indonesia resmi resesi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun angkat bicara terkait ancaman resesi saat menggelar rapat terbatas dengan para menteri dan gubernur dari seluruh Indonesia kemarin.

Jokowi awalnya berbicara mengenai pentingnya terus menjaga pengendalian wabah COVID-19 di masing-masing provinsi. Ketika masuk pembahasan pemulihan ekonomi, Jokowi mulai menyinggung ancaman resesi.

"Berkaitan dengan pemulihan ekonomi, kita tahu kuartal I-2020 kita masih tumbuh 2,97%, negara lain sudah minus," ujarnya dilansir dari live akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (1/9/2020) dilansir dari detik.com.

Namun, lanjut Jokowi, pertumbuhan ekonomi RI di kuartal II-2020 terkontraksi -5,32%. Jika kuartal III-2020 ekonomi RI kembali minus maka menurut Jokowi RI berstatus resesi.

"Di kuartal II-2020 kita sudah pada posisi -5,32%, untuk itu, untuk kuartal III-2020 yang kita masih punya waktu 1 bulan. Kalau kita masih berada pada posisi minus artinya kita masuk ke resesi," tambahnya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta juga kepada para gubernur untuk mempercepat realisasi belanja APBD-nya. Baik untuk belanja barang dan jasa, belanja modal hingga belanja bansos.(R04)

 

Sumber Berita: detik.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index