Dishub Riau Pastikan Pembangunan Railway Tras Sumatera Tetap Jalan

Dishub Riau Pastikan Pembangunan Railway Tras Sumatera Tetap Jalan

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Terus dipertanyakan seputar pembangunan Rel Kereta Api Trans Sumatera dari Jalur Bukit Kapur Dumai, pihak Dinas Perhubungan Provinsi Riau memastikan jalur sepanjang 21 kilometer akan segera dilaksanakan.

 
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Rahmad Rahim mengatakan, Menteri Perhubungan Republik Indonesia akan menandatangani kontrak kerja pembangunan itu dengan besar anggaran Rp80 miliar dari APBN.
 
"Setelah melakukan pertemuan dengan pihak Kementerian Perhubungan RI beberapa waktu yang lalu, Dishub Riau juga sudah membahas seputar pagu indikatif yang berlangsung di Jakarta," ujar Rahmad, Senin (15/2).
 
Rahmad juga mengakatan, perwakilan Gubernur hadir juga turut hadir ketika membahas soal kelangsungan pembangunan sarana dan prasarana transportasi yang masuk dalam rencana strategis nasional.
 
"Seyogyanya, untuk pembangunan rel kereta api sudah ditandatangani oleh kementerian terkait dan pihak penyelenggara. Sepanjang 21 kilometer pembangunan tahap awal akan segera dilangsungkan di Riau," jelas Rahmad.
 
Dikatakan Rahmad, saat ini Pemprov Riau tengah menyiapkan surat keputusan dari Gubernur Riau soal pemetaan lokasi. Sedangkan penetapan, akan dilakukan berdasarkan surat keterangan resmi dari kementerian tentang trase jalur kereta api Riau.
 
Lewat kontrak yang sudah dilakukan itu, maka dapat dipastikan bahwa tahun ini sepanjang 21 kilometer rel kereta api penghubung Riau sudah akan dijalankan.
 
Adapun besaran dana yang akan digelontorkan antara lain Rp48 triliun untuk peningkatan keselamatan, Rp12 triliun untuk transportasi, Rp5 triliun untuk perbaikan pelayanan, serta Rp22 triliun peningkatan kapasitas," papar Rahmad.
 
Sebelumnya, rencana pembangunan rel kereta api di Riau sempat tersendat karena rencana izin trase sejak awal belum juga ditandatangani oleh Kementerian Perhubungan RI. Barulah setelah berkoordinasi, Pemprov Riau mendapat lampu hijau untuk pengerjaan jalur rel kereta api tahun ini. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index