Kenali Jenis-jenis Pinjaman Online di Indonesia

Selasa, 15 September 2020 | 22:17:03 WIB
Kenali Jenis-jenis Pinjaman Online di  Indonesia
Ket Foto : (Review.bukalapak.com)

RIAUSKY.COMSeiring perkembangan teknologi, kebutuhan akan layanan peminjaman dana juga ikut bergeser ke arah yang lebih maju dan modern. Untuk itulah, berbagai aplikasi pinjaman online dihadirkan untuk membantu masyarakat. Skema pinjaman secara online di Indonesia memiliki pola yang menerapkan pertemuan antara kreditur dan debitur, tapi tidak harus berhadapan atau bertatapan muka secara langsung. Semua kegiatan peminjaman dilakukan secara online.

Selain itu perlu diketahui juga bahwa pinjaman secara online ini cukup beragam. Ada beberapa jenis pinjaman online yang berlaku di Indonesia seperti berikut ini :

1. Kredit Tanpa Agunan atau KTA Online

(Sunvilfinefood.com)

Jenis pinjaman secara online yang paling sering digunakan dan diminati oleh masyarakat Indonesia adalah KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Hampir seluruh perusahaan fintech menawarkan kredit dengan sistem KTA tersebut. Karena jenis pinjaman seperti ini tidak memerlukan agunan dan tidak ada BI checking.

Bahkan bunganya juga relatif rendah dengan keterlambatan denda dengan maksimal rata-rata Rp.150.000,- setiap bulannya. Proses pengajuannya tidak terlalu banyak syarat dan bebas digunakan untuk kebutuhan apapun.

Berbeda dengan lembaga perbankan yang memerlukan waktu beberapa minggu lamanya, pada proses pencairan. Resiko dari pinjaman KTA ini adalah tenornya singkat, sehingga semakin besar jumlah pinjaman jumlah cicilannya juga semakin besar.

2. Kredit Multiguna

(Koinworks.com)

Jenis pinjaman sistem online di Indonesia yang memiliki target pengusaha kecil atau menengah adalah kredit multiguna. Jumlah pinjamannya terbilang besar bahkan ada yang mencapai hitungan milyar. Namun tenor pinjamannya sangat singkat yaitu hanya 12 bulan saja. Suku bunga yang dibebankan pada kredit multiguna ini juga terbilang tinggi karena sumber dananya berasal dari warga atau masyarakat.

Adanya kredit multiguna ini cukup membantu masyarakat khususnya pengusaha yang tidak memiliki jaminan. Sama dengan jenis pinjaman KTA online, jenis kredit multiguna ini juga tidak ada BI checking. Proses pencairannya juga cukup cepat, dan itulah yang menjadi daya tarik bagi masyarakat.

3. Pinjaman Syariah

(Koinworks.com)

Jenis pinjaman dengan sistem syariah merupakan sistem pinjaman bagi hasil. Lembaga pinjaman secara online dengan sistem syariah dapat menghindari riba tetapi tidak menerima semua calon debitur. Mereka juga mengkaji kelayakan dari penerima pinjaman dan berdiskusi dengan calon debitur mengenai kesanggupan dalam hal pembayaran. Pinjaman syariah juga lebih menargetkan pada para pengusaha. Karena memang ada timbal balik dari yang dihasilkan. Suku bunga bagi peminjam individu juga cukup ringan yaitu hanya sekitar 1-2% saja.

Rata-rata perusahaan yang ditolak oleh pinjaman syariah ini adalah jenis bisnis yang masuk ke dalam kategori riba. Seperti misalnya minuman keras, perjudian, industri rokok, prostitusi, obat-obatan terlarang hingga hotel-hotel yang belum dianggap syariah. Maka nasabahnya kebanyakan perusahaan nasional, dan bukan merupakan industri kecil atau menengah.

Salah satu KTA online terbaik yang bisa Anda pilih ketika sedang membutuhkan dana darurat adalah Tunaiku. Aplikasi pinjaman ini memberi kemudahan dalam setiap prosesnya, baik proses pengajuan atau proses pencairannya. Salah satu fitur yang ada di aplikasi Tunaiku adalah jumlah plafon yang tinggi dengan tenor cicilan hingga 20 bulan lamanya.

Selain menyediakan layanan kredit cepat, aplikasi Tunaiku juga telah terdaftar secara resmi di OJK sehingga kredibilitas dan keamanan dari aplikasi ini sangat bisa dipercaya. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, tidak heran jika aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk digunakan. (*)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS