Prediksi Uji Vaksin Covid-19 Ini Selesai November, Moderna Siap Meluncur Jadi Yang Pertama?

Prediksi Uji Vaksin Covid-19 Ini Selesai November, Moderna Siap Meluncur Jadi Yang Pertama?
Foto: Moderna (AP/Bill Sikes)

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Manajemen Moderna mengungkapkan hasil uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 buatannya akan diketahui pada November 2020. Perusahaan akan melihat apakah vaksin ini efektif menangkal virus corona.

Saat ini Moderna sedang melakukan uji klinis vaksin di tiga negara, salah satunya di Amerika Serikat. Uji klinis ini melibatkan 30.000 relawan dan relawan yang sudah divaksin mencapai 25.296 relawan. Uji ini sendiri sudah dimulai pada Juli 2020.

CEO Moderna Stephane Bancel mengatakan kemungkinan besar mereka akan mendapatkan hasil dari uji coba yang menunjukkan soal efektivitas vaksin pada November 2020 dan menutup kemungkinan data terkumpul pada Oktober tidak mungkin.

"Jika tingkat infeksi di negara itu melambat dalam beberapa minggu ke depan, ini merupakan skenario terburuk, menurut saya, pada Desember," kata Bancel seperti dikutip dari Boston Globe, Jumat (18/9/2020).

Nah, bila hasilnya menggembirakan, Moderna akan mulai memproduksi dan mendistribusikan 100 juta dosis vaksin ke pemerintah AS pada awal 2021.

Moderna berdiri sepuluh tahun silam, perusahaan ini mengembangkan vaksin berbasis messenger RNA, molekul yang menyampaikan instruksi genetik dari DNA ke pembuat protein sel manusia.

Vaksin Moderna akan mengajarkan tubuh memproduksi protein virus, mendorong sistem kekebalan bereaksi dan membangun antibodi yang melindungi penerima vaksin.(R04)

 

Sumber Berita: cnbcindonesia.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index