Asisten II Pimpin Musrenbang Kecamatan Siak Tahun 2016

Asisten II Pimpin Musrenbang Kecamatan Siak Tahun 2016

SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Asisten II Syafrilenti M.Si Selasa (16/2) membuka Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Siak tahun 2016 di gedung Tengku Mahratu Jalan Sultan Ismail Kelurahan Kampung Rempak-Siak.

 
Hadir dalam acara ini, Ketua komisi I DPRD Siak Dapil I siak Sujarwo, Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Siak Drs H Yan Prana Jaya MSi, Camat Siak Wan Syaiful Efendi AP MSi, para Lurah dan Penghulu se-Kecamatan Siak, sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di lingkungan Pemkab Siak, Badan Permusyawaratan Kampung (Bapekam) se-Kecamatan Siak, serta sejumlah organisasi kemasyarakatan yang ada di Kecamatan Siak.
 
Syafrilenti menyebutkan, Musrembang yang dilakukan oleh masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan sebuah pembangunan. 
 
"Sebab dengan Musrenbang ini, banyak sekali masukkan-masukkan tentang pembangunan yang disampaikan oleh masyarakat. Tentunya setiap usulan pembangunan yang disampaikan oleh masyarakat tersebut, perlu dilihat dan dievaluasi kembali, mana yang lebih skala prioritas, setelah itu baru kita anggarkan ke dalam anggaran belanja daerah tahun 2016 ini," ujarnya.
 
Tidak semua usulan yang disampaikan pada Musrenbang semuanya bisa terpenuhi. Pemerintah Daerah tentu mempertimbangkan mana yang skala prioritas, selain itu daerah juga memiliki anggaran yang sangat terbatas, kendati demikian berbagai usulan yang disampaikan tersebut. 
 
"Tetap diusahakan secara bertahap, sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi, karena itu masyarakat perlu bersabar," Jelas Syarilenti
 
Kendati demikian, Pemerintah Daerah tetap memperhatikan pembangunan bagi Kempung-kampung yang ada di Kabupaten Siak, cuma porsinya saja yang agak berbeda. Oleh sebab itu, berbagai infrastruktur, baik itu jalan, pendidikan, kesehatan,dan berbagai pembangunan lainnya harus berjalan baik untuk disetiap Kampung dan kelurahan di kecamatan Siak.
 
"Inilah tujuan Pemerintah Daerah di dalam merespon keinginan masyarakat dalam arah pembangunan," imbuh Lenti
 
Sementara itu khusus untuk sekolah diharapkan kepala sekolah dan guru itu harus punya kebijakan dan kreatif seperti menyiapkan perlengkapan sarana dan prasarana sekolah tidak harus menggunakan APBD. 
 
Sementara itu, laporan yang disampaikan oleh Camat Siak Wan Syaiful SIP MSi pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Siak ini, merupakan tindak lanjut dari proses perencanaan yang sudah dilaksanakan mulai dari kampung, kelurahan yang berlangsung pada beberapa waktu lalu.
 
Berbagai usulan yang disampaikan oleh masyarakat kepada Kepenghuluan dan Kelurahan , sudah di proses lewat skala prioritas yang mengarah kepada Visi Misi Bupati Siak dan Wakil Bupati Siak.
 
Dari beberapa usulan yang disampaikan tersebut, yang mendominasi itu adalah pembangunan Infrastruktur jalan,terutama jalan lingkungan,penerangan Lampu jalan kampung, pembagunan Masjid,Drenase serta berbagai pembangunan skala prioritas lainnya.
 
"Kami sangat berharap apa yang menjadi usulan masyarakat bawah ini, dapat diwujudkan oleh Pemerintah Daerah dengan mengacu kepada skala prioritas," ungkap Camat penuh harap. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index