9 Kali Lakalantas di Tol Pekanbaru-Dumai, Patroli PJR Polda Riau Siapkan Langkah Ini...

9  Kali Lakalantas di Tol Pekanbaru-Dumai,  Patroli PJR Polda Riau Siapkan Langkah Ini...
Ilustrasi ngebut.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Satlantas Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Riau, akan  terus melakukan razia kecepatan pengendara yang masuk tol Pekanbaru-Dumai (Permai). 

Razia terhadap kepatuhan pengemudi dijalan tol, sesuai dengan aturan yang berlaku kecepatan 80 Km perjam, dengan menggunakan speed gun serta memberikan tilang terhadap pengemudi yang menyalahi aturan. 

“Untuk mengantisipasi batas kecepatan itu sudah ditentukan mereka yang melanggar batas kecepatan, kita juga sudah melakukan tindakan dengan speed gun, sudah kita lakukan untuk mengurangi batas kecepatan. Kemudian karena sering ini terjadi laka itu disinyalir dipagi hari, setiap kegiatan patroli kita titik beratkan di pagi hari, kita mulai dari selesai subuh, atau sebelum subuh,” kata Panit Tol Permai, M Pamelan, saat mengadakan operasi mengantuk, bersama pengelola tol Permai HK, Rabu (21/10) pagi. 

Dijelaskannya, sebagaimana kami himpun dari mediacenter.riau.go.id, dari kondisi di lapangan, operasi yang dimulai pukul 02.00 WIB-pukul 05.00 WIB. Tidak banyak kendaraan umum yang melewati tol Permai, dan setiap kendaraan yang akan masuk di Kilometer 45, langsung diarahkan ke rest area, untuk mendapatkan pemeriksaan. Untuk truk dan trailer, lebih banyak berjalan dimalam hari, hingga subuh. 

“Bagi pengemudi yang dijalan tol, setiap kita berjumpa dengan kendaraan, misalnya kita berada di jalur A nih, kendaraan di jalur B, kita lakukan membunyikan lampu serine, supaya mereka ada respon. Itukan menghilangkan ngantuk sesaat, untuk mengantisipasi agar kejadian itu tidak berulang-ulang,” katanya lagi.

Untuk diketahui, tiga minggu sudah jalan tol Permai di operasionalkan, setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Selama pengoperasian tol Permai, tercatat sebanyak 9 kali terjadi kecelakaan, baik kecelakaan tunggal maupun tabrakan dari belakang. Dan dari kecelakaan yang terjadi telah memakan 2 korban jiwa.

Untuk meminimalisir terjadi kecelakan akibat human eror ini, pohak pengelola tol Permai Hutama Karya, bersama Satlantas Polda Riau, menggelar operasi microsleep (mengantuk). Operasi digelar pada pagi hari, pukul 02.00 dini hari hingga 05.00 WIB, Rabu (21/10), di rest area 45, jalur ambon.(mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index