INNALILLAHI, Sembilan Orang Meninggal Dunia di Riau

INNALILLAHI,  Sembilan Orang Meninggal  Dunia di Riau
Pemakaman korban Covid-19 masih terus terjadi seorong dengan terus bertambahnya jumlah korban meninggal dunia./Sumber Foto: merdeka.com

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Secara jumlah, pertambahan kasus positif Covid-19 di Provinsi Riau masih terus mengalami peningkatan. 

Total hingga  hari ini, Jumat (18/12/2020) jumlah kasus positif Covid-19 telah menembus jumlah sebanyak 23.234 kasus dengan tambahan 184 kasus baru pada hari ini. 

Namun, kondisi mengkhawatirkan kini harus menjadi perhatian semua pihak di Riau, bahwa kasus kematian terus terjadi.

Tercatat dalam 24 jam terakhir terhitung Kamis (17/12/2020) pukul 12.00 WIB hingga Jumat (18/12/2020) pukul 12.00 WIB, ada 9 orang meninggal dunia akibat ganasnya paparan virus Covid-19 ini. 

Angka kematian hari ini bahkan termasuk salah satu yang tertinggi yang pernah terjadi di Provinsi Riau dalam kasus per hari terhitung awal Maret 2020 lalu. 

Bahkan dengan tambahan 9 kasus baru meninggal dunia akibat Covid-19 ini, maka total jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia sudah sebanyak 534 orang.

Secara nasional, pada hari ini, memang kasus kematian akibat Covid-19 memang mengalami penurunan dengan tambahan 124 kasus dalam 24 jam terakhir. 

Namun, bila melihat kasus per hari, maka Riau termasuk daerah dengan lonjakan kasus kematian yang tinggi di Indonesia saat ini, seperti Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah.

Secara nasional di luar Jawa, hari ini catatan angka kematian akibat Covid-19 di Riau merupakan yang tertinggi.

Adapun data harian tersebut kami sajikan sebagai berikut: 

1. Jawa Timur 47 orang meninggal dunia
2. DKI Jakarta 19 orang meninggal dunia
3. Jawa Tengah 18 orang meninggal dunia
4. Riau 9 orang meninggal dunia
5. Bali dan Sulut 4 orang meninggal dunia.

Secara terpisah dalam penjelasannya kepada wartawan, Jumat (18/12/2020), Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir membenarkan data terbaru jumlah korban meninggal dunia akibat Covid-19 tersebut

''Pasien sembuh hari ini masih bertambah banyak, yaitu 199 orang sembuh, kalau kemarin bertambah 200 orang. Sedangkan kasus baru bertambah 186 kasus," kata.

Namun, Mimi menjelaskan,  kabar dukanya di Riau hari ini masih terdapat penambahan pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19, yaitu 9 orang.

"Sehingga kasus kematian Covid-19 di Riau saat ini tercatat menjadi 534 kasus," ungkap dia prihatin.

Sementara itu, dari pantauan riausky.com  saat ini, kecenderungan publik untuk menerapkan protokol kesehatan juga terus tergerus seiring dengan menggeliatnya kembali aktivitas ekonomi dan usaha. Salah satunya  terlihat jelas dengan tidak adanya penerapan protokol kesehatan di sejumlah pusat kuliner seperti di Jalan Tuanku Tambusai maupun Jalan Arifin Achmad.

Ribuan orang setiap malam berkerumun berkumpul untuk menikmati suasana ramai kulineran di tengah pandemi Covid-19.

Situasi ini juga sudah sempat beberapa kali dikeluhkan Wali Kota Pekanbaru, DR Firdaus ST, MT dalam berbagai pertemuan, termasuk kalangan pelaku usaha.

''Saya mohon, tolong patuhi protokol kesehatan. Kita bukan tidak mengizinkan masyarakat membuka usaha. Tapi, tolong tegakkan protokol kesehatan. Jaga jarak, cuci tangan dan  pakai masker,''  imbau dia.

Bahkan, sebut Wali Kota, dia bahkan sudah pernah menegur dengan datang langsung mengingatkan pelaku usaha untuk patuh protokol kesehatan. (R04/mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index