HOREE... Menko Luhut Resmikan Stasiun Pengisian Baterai Mobil Listrik di Sumatera

HOREE... Menko Luhut Resmikan Stasiun Pengisian Baterai Mobil Listrik di Sumatera
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Bertambah lagi satu tempat pengisian daya baterai untuk mobil listrik. Kali ini berada di Pulau Sumatera.

Lokasi tepatnya berada di kilometer 20B Jalan Tol Trans Sumatera Lampung dan menjadi yang pertama di jalan tol tersebut. 

Selain itu, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) ini menjadi ke-30 di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang meresmikan SPKLI tersebut berharap program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBL BB) dapat semakin marak digunakan di Indonesia.

"Indonesia mempunyai potensi sebagai produsen lithium terbesar kedua di dunia setelah Republik Rakyat Tiongkok (RRT), cadangan nikel kita yang beragam menjadikan Indonesia tentu mampu bersaing di kancah ini," tuturnya.

Luhut yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Koordinator Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBL BB) mengingatkan bahwa Penggunaan lithium juga tidak hanya untuk baterai kendaraan listrik, melainkan mampu dimanfaatkan sebagai energy stabilizer yang penting bagi daerah pedalaman yang dapat dimanfaatkan untuk pengganti energi listrik di malam hari.

Ia mengklaim seluruh perubahan dan pembangunan ini akan mampu mengurangi impor listrik hingga Rp150 triliun.

Rencana pengembangan mobil listrik masih butuh proses panjang, mulai dari membangun fasilitas hingga riset pengembangannya.(R03)

Sumber Berita: cnbcindonesia.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index