Mendikbud Luncurkan Program Sekolah Penggerak, Upaya Percepat Mutu Pendidikan

Mendikbud Luncurkan Program Sekolah Penggerak, Upaya Percepat Mutu Pendidikan
Mendikbud Nadiem Makarim Raker dengan Komisi X DPR. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim meluncurkan program sekolah penggerak. Program ini didesain sebagai katalis perbaikan mutu pendidikan di Indonesia.

"Jadi, program sekolah penggerak ini akan mempercepat peningkatan mutu pendidikan di daerah," ujar Nadiem, Senin (1/2).

Dia menjelaskan sekolah penggerak menjadi harapan di masa depan agar sekolah-sekolah yang belum mengalami peningkatan mutu, berkonsultasi atau bahkan mendapat pendampingan dari sekolah yang telah bergabung dalam program sekolah penggerak.

Nadiem sengaja menekankan sekolah di daerah agar turut berpartisipasi program sekolah penggerak agar transformasi pendidikan dimulai dari luar perkotaan.

"Karena seperti kita tahu transformasi di semua daerah itu sangat penting adanya tempat-tempat berkonsultasi dan mendapatkan pembelajaran dengan budayanya masing-masing di dalam desanya masing-masing sehingga mereka lebih terinspirasi untuk melakukan perubahan," jelasnya.

"Jadi efek multiplier ini akan bisa mementor sekolah-sekolah di sekitarnya untuk meningkatkan kemampuan yang nanti akan diberikan sumber daya dan resource yang bisa membantu sekolah-sekolah di sekitarnya," imbuh Nadiem.

Mantan bos Gojek itu menilai dengan program ini sekolah-sekolah justru saling berkolaborasi meningkatkan mutu pendidikan secara bersama-sama, dibanding saling berkompetisi secara tidak seimbang.

Lagipula, imbuhnya, pendidikan kelas dunia adalah saling berkolaborasi untuk melakukan terobosan-terobosan dalam segala aspek.

"Yang sebenarnya membedakan sistem-sistem pendidikan paling maju di dunia adalah kemampuan berkolaborasi, kemampuan berinovasi antara sekolah, antara kepala sekolah jadi ini adalah fungsi dari program sekolah penggerak kita," ucapnya. (R04)
Sumber Berita : mardeka.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index