Cara Daftar SNMPTN 2021 yang Berakhir Dua Hari Lagi, Segera Ikutan Ya

Cara Daftar SNMPTN 2021 yang Berakhir Dua Hari Lagi, Segera Ikutan Ya
ilustrasi (kompas)

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Pendaftaran SNMPTN 2021 makin mendekati hari akhir pada Rabu (24/2/2021) pukul 15.00 WIB. Jadwal pendaftaran SNMPTN 2021 ditentukan LTMPT pada 15-24 Februari 2021 dengan klik langsung portal.ltmpt.ac.id atau snmptn.ltmpt.ac.id.

Dengan waktu tersisa hanya dua hari mulai Senin (22/2/2021), siswa yang ingin mengikuti SNMPTN 2021 wajib segera menyelesaikan pendaftaran. Seleksi masuk PTN ini hanya tersedia untuk siswa eligible dengan jumlah seusai kuota yang ditetapkan LTMPT.

"Sekolah dengan akreditasi A mendapat kuota 40 persen terbaik di sekolahnya. Kuota untuk sekolah berakreditasi B adalah 25 persen, sedangkan akreditasi C dan lainnya mendapat lima persen terbaik di sekolahnya," tulis LTMPT dalam Informasi Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negero Tahun 2021.

Terkait status siswa eligible sempat dijelaskan Ketua Pelaksana LTMPT Budi P Widyobroto. Sesuai penjelasan dalam Surat Edaran nomor 5 tahun 2021, SNMPTN 2021 hanya bisa diikuti siswa elible yang duduk di kelas 12 dengan prestasi akademik baik.

"Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2021 adalah yang dinyatakan eligible. Yang dipilih sekolah tersebut itulah siswa yang eligible untuk mendaftar SNMPTN 2021," ujar Budi dalam sosialisasi UTBK-SNMPTN-SNMPTN yang disiarkan melalui channel YouTube LTMPT OFFICIAL.

Cara daftar SNMPTN 2021
1. Login di portal.ltmpt.ac.id atau snmptn.ltmpt.ac.id dengan akun LTMPT yang telah teregistrasi

2. Siswa peserta SNMPTN 2021 wajib mengisi:

Kelengkapan Data Orang Tua pada halaman Profil
Program studi atau prodi yang dipilih pada halaman Pilihan
Portofolio sesuai syarat yang ditetapkan prodi pilihan pada halaman Portofolio
Prestasi yang berhasil diraih jika ada pada kolom yang telah disediakan

3. Melakukan finalisasi pada halaman Finalisasi, jika sudah yakin dengan semua syarat yang diperlukan untuk pendaftaran SNMPTN 2021

4. Seluruh syarat yang telah difinalisasi tidak dapat diubah

5. Pada tahap akhir, siswa peserta SNMPTN 2021 wajib mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Ketua LTMPT Mohamad Nasih mengingatkan, siswa peserta SNMPTN 2021 jangan melakukan pendaftaran mepet batas akhir. Pendaftaran harus dilakukan secepatnya disertai semua syarat yang diperlukan.

"Peserta jangan nunggu di akhir-akhir, segera mendaftar dan finalisasi. Biar kalo ada apa-apa segera dapat diketahui dan diselesaikan," kata Nasih yang juga rektor Universitas Airlangga (Unair).

Nasih menyarankan peserta tak perlu khawatir mengalami website error. SNMPTN 2021 kini telah menggunakan server dengan kapasitas cukup besar. Proses pendaftaran SNMPTN 2021, apalagi yang dilakukan secepatnya, dapat berlangsung tanpa hambatan. (R04)
Sumber Berita : detik.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index