Cara Cek Lowongan ASN di Situs CPNS 2021 Jangan Mendaftar Lewat HP

Selasa, 02 Maret 2021 | 11:47:45 WIB
Cara Cek Lowongan ASN di Situs CPNS 2021 Jangan Mendaftar Lewat HP
Ket Foto :

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Pemerintah menetapkan jumlah formasi aparatur sipil negara (ASN) pada 2021 sebanyak 1,3 juta orang. Meski belum ada tahapan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil alias CPNS 2021 resmi yang diumumkan oleh pemerintah, namun, tahapan seleksi CPNS biasanya tidak berbeda setiap tahunnya.

Calon pelamar harus mulai sering mengecek situs resmi sscn.bkn.go.id. CNNIndonesia.com saat mengakses situs SSCN BKN Selasa (2/3), muncul tiga tampilan pilihan/link untuk Sekolah Kedinasan (Dikdin), CPNS, dan SSP3K. 

Namun saat mengklik salah satu link tersebut, masih belum bisa mendaftar dan melihat formasi CPNS 2021. Situs tersebut masih meminta Log In untuk peserta yang lolos di seleksi CPNS tahun sebelumnya.

Biasanya calon pelamar mendaftar di akun SSCN dengan menggunakan nomor KTP atau Kartu Keluarga/ NIK kepala keluarga Untuk menjadi peserta, calon pelamar terlebih dulu perlu membuat akun SSCN CPNS 2021. Kemudian ikuti saja alur pendaftaran hingga bisa mencetak kartu pendaftaran CPNS 2021.

Pemerintah menyebutkan formasi kebutuhan CPNS 2021 tersebut terdiri atas satu juta guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), sekitar 189 ribu untuk pemerintah daerah, dan kurang lebih 83 ribu untuk instansi pemerintah pusat.

Formasi guru itu dilakukan melalui skema yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yakni PPPK di seluruh daerah. Program itu untuk menyelesaikan kekurangan guru yang selama ini diisi oleh tenaga honorer.

Tenaga pendidik yang ingin mengikuti Program Satu Juta Guru PPPK harus sudah terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di Kemendikbud.

Sementara itu, untuk keperluan instansi pemerintah pusat, pemerintah menyebutkan terdapat 83 ribu formasi. Perinciannya 50 persen untuk PPPK dan 50 persen lainnya CPNS sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi.

Selain itu, kebutuhan PNS di pemerintah daerah sebanyak 189 ribu formasi itu di luar Program Satu Juta Guru PPPK inisiasi Kemendikbud. Formasi ASN untuk pemda tersebut terdiri atas 70 ribu PPPK jabatan fungsional nonguru dan 119 ribu CPNS pegawai teknis.

Persyaratan yang diperlukan dalam penerimaan tersebut, kata dia, akan ditentukan oleh setiap instansi sesuai dengan kualifikasi lowongan jabatan.

"Mengenai waktu pengumuman, itu akan dilakukan pada bulan Maret setelah pembagian untuk masing-masing instansi selesai," kata pemerintah.

Atas dasar itu, calon pelamar juga harus sering-sering cek di situs resmi instansi atau kementerian terkait soal lowongan atau formasi CPNS 2021.

Ada beberapa tips yang kerap dibagikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebelum mendaftarkan di situ resmi CPNS 2021.

Jangan Mendaftar Lewat HP
BKN menyebut pelamar dilarang melakukan pendaftaran lewat perangkat ponsel. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari data crash atau terjadi kesalahan input.

Unduh Buku Panduan yang Berisi Dokumen untuk Mendaftar CPNS 2021
Setiap seleksi CPNS, BKN menyediakan buku panduan elektronik yang bisa Anda unduh gratis. Jika Anda memiliki sejumlah pertanyaan lebih lanjut terkait persyaratan, di dalam buku panduan itu BKN telah mencantumkan nomor instansi yang Anda minati. Sebab, tiap instansi pasti memiliki persyaratan khusus.

Perhatikan ukuran file yang diunggah di situs CPNS 2021
Sebelum memasukkan data, pastikan dokumen-dokumen Anda lengkap seperti Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, ijazah, transkrip nilai, pas foto, dan dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

Namun, perhatikan ukuran file dokumen CPNS 2021 yang perlu diunggah di situs web SSCASN seperti:

1. Scan Pas Foto berlatar belakang merah maksimal 200 Kb tipe file jpeg/jpg.
2. Scan Swafoto maksimal 200 Kb tipe file jpeg/jpg.
3. Scan KTP maksimal 200 Kb tipe file jpeg/jpg.
4. Scan Surat Lamaran maksimal 300 Kb tipe file jpeg/jpg.
5. Scan Ijazah ditambah Sertifikat Pendidikan maksimal 800 Kb tipe file pdf.
6. Scan Transkrip Nilai maksimal 500 Kb tipe file pdf.
7. Scan dokumen pendukung lainnya maksimal 800 Kb tipe file pdf.  (R04)
 Sumber Berita : cnnindonesia.com


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS