Manfaat Daun Putri Malu, Tanaman Liar yang Baik untuk Kejantanan Pria

Manfaat Daun Putri Malu, Tanaman Liar yang Baik untuk Kejantanan Pria

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Manfaat daun putri malu masih terdengar asing bagi sebagian besar masyarakat. Meski begitu tanaman liar ini sudah menjadi primadona, lantaran reaksi uniknya. Daun putri malu bisa secara cepat menutup atau layu dengan sendirinya, saat tersentuh.

Putri malu dikenal pula sebagai tanaman sensitif, yang secara ilmiah dikenal sebagai Mimosa pudica. Selama sekian abad putri malu menjadi ramuan atau tanaman abadi yang menjalar. Semua bagian dari putri malu memiliki kegunaan obat yang luar biasa dan manfaat kesehatan.

Daun Putri Malu
Daun putri malu berwarna hijau tua, bersudut lancip dan berbulu. Tipe tulang daun menyirip (pinnate atau penninervis) ada dalam dua pasang, kadang hanya satu pasang. Muncul berdekatan dari ujung tangkai daun sehingga susunannya tampak seperti palmate.

Dilansir dari Health Benefits Times, tangkai daun putri malu memiliki panjang sekitar 2,5 cm dan panjang pinnae 2,5-5 cm. Terdapat sekitar 12-50 helai daun, masing-masing panjang 6-12 mm, lebar 1,5 mm, lonjong-linier dan runcing.

Bagian atas daun tidak licin tetapi dengan tepi berbulu dan permukaan lebih rendah. Daun melipat dengan cepat seakan layu saat disentuh dan juga menutup pada malam hari.

Manfaat Daun Putri Malu

Terdapat banyak manfaat daun putri malu yang selama ini terabaikan. Sebagai obat tradisional, daunnya memiliki khasiat yang tak beda jauh dengan bagian bunga dan akarnya. Lebih spesifik lagi, berikut manfaat daun putri malu dikutip dari berbagai sumber:

1. Tinggi Antioksidan
Manfaat daun putri malu sama dengan yang diperoleh dari bunga dan akarnya, yakni tinggi dengan antioksidan. Tentunya baik bagi Anda dalam mencegah pembentukan radikal bebas di tubuh.

Tanaman liar ini mengandung fitokimia dan vitamin, serta superoksida dismutase, antioksidan bermanfaat. Karena antioksidan dalam tubuh biasanya menurun seiring bertambahnya usia.

2. Obat Kuat Alami
Bagian daun putri malu, bisa Anda manfaatkan sebagai obat kuat yang alami. Terutama bagi para pria, supaya lebih tahan lama di ranjang.

Cara mengolahnya, cukup dengan merebus segenggam daun putri malu dengan satu atau dua gelas air. Saring dan dinginkan dalam suhu ruangan. Minum ramuan ini setiap hari satu kali atau sesuai kebutuhan, untuk menambah kejantanan Anda.

3. Mengatasi Diare
Manfaat daun putri malu selanjutnya dengan memperlambat sistem pencernaan. Karena terkadang terlalu berlebihan yang menyebabkan diare. Ramuan daun putri malu bisa Anda campurkan dengan bijinya. Supaya lebih berkhasiat.

Dikutip dari F&B Magazine, reaksi positif yang ditimbulkan, terjadi di saluran pencernaan Anda. Gel yang terbentuk di dalam, bergerak melalui sistem pencernaan, mengeluarkan racun dan kuman berbahaya lainnya. Sehingga membantu membersihkan usus Anda.

4. Menyembuhkan Gatal dan Luka
Manfaat daun putri malu yang luar biasa berikutnya, bisa dijadikan obat gatal, luka dan mengurangi peradangan. Cukup membuat pasta dari daunnya sebagai tapal, seperti dilansir dari Wild Turmeric berikut:

Langkahnya, ambil segenggam daun putri malu segar dan tumbuk bersama sedikit air hingga menjadi pasta. Jika sudah, cukup oleskan pasta pada luka.

Selain itu, Anda juga bisa buat pasta dengan mengekstrak jus tanaman ini dan tambahkan minyak wijen. Konsistensi pasta harus sedemikian rupa sehingga jus tanaman ini membentuk 3/4 pasta. Baru dibalurkan pada kulit yang gatal.

5. Mengobati Fraktur
Melansir dari Health Benefits Times, tanaman ini juga membantu mengobati patah tulang. Cukup buat pasta daun putri malu dan oleskan di area yang terkena.

6. Mengurangi Rambut Rontok

Manfaat daun putri malu selanjutnya, yakni mengurangi rambut rontok. Karena ia membantu pertumbuhan sel rambut baru, mengontrol rambut rontok dan kebotakan. Dianjurkan untuk menggunakan sampo herbal yang mengandung ekstrak tumbuhan ini.

7. Menyembuhkan Wasir
Jika Anda mencari obat alami untuk membantu menyembuhkan wasir, mimosa pudica bisa berguna. Buatlah bubuk ekstrak dari daunnya. Cukup minum satu sendok teh dengan susu dua atau tiga kali sehari.

Sebagai pengobatan alternatif, Anda bisa meminum satu sendok teh bubuk dari akar dan daun dengan susu tiga kali sehari.

8. Mengobati Diabetes
Kadar gula darah rendah merupakan manfaat lain yang didapat dengan meminum sari daun putri malu. Minumlah 30ml jus tanaman ini secara menyeluruh pagi dan sore hari. Dalam 7 sampai 10 hari, Anda akan melihat perbedaan kadar gula darah.

9. Mengobati Tekanan Darah Tinggi
Masih dari lansiran yang sama, ambil daun putri malu dan hancurkan untuk diambil sarinya. Konsumsi 15 mili untuk dikonsumsi dua kali sehari. Dan ucapkan selamat tinggal pada masalah tekanan darah tinggi Anda.

10. Mengangkat Payudara Yang Kendur
Alih-alih pergi untuk perawatan dan operasi mahal, cukup siapkan pasta dari daun putri malu dan padukan dengan akar Ashwagandha. Oleskan ramuan pasta ini pada payudara untuk mengangkatnya.

11. Mengobati Sakit Perut dan Cacingan
Untuk mengobati sakit perut dan masalah cacingan yang harus anda lakukan adalah: Membuat pasta dari daun tanaman ini. Selama 3-4 hari minum pasta ini sekali sehari dicampur dengan madu. (R04)
Sumber Berita :merdeka.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index