Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I, Sri Mulyani Ungkap 5 Langkah Ini...

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I, Sri Mulyani Ungkap 5 Langkah Ini...
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan strategi untuk mempercepat pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

Tujuannya demi mendorong pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021 dan menangani pandemi covid-19.
 
Setidaknya ada lima langkah yang akan dilakukan pemerintah dalam mendorong percepatan realisasi program PEN tahun ini. Pertama, pemerintah mempercepat realisasi program perlindungan sosial melalui penyaluran bantuan sosial (bansos).
 
"Dari sisi program PEN yang mendorong pada kuartal I termasuk percepatan pembayaran bansos pada bulan Januari dan Februari, dan sekarang sudah terealisasi Rp16,5 triliun," kata dia dalam Raker Kemendag 2021 secara virtual di Jakarta, Kamis, 4 Maret 2021.

Ia menambahkan, pemerintah juga mempercepat penganggaran dan realisasi program Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM). Program ini diharapkan bisa terlaksana pada Maret 2021, dengan target 9,8 juta pelaku usaha mikro mendapatkan Rp1,2 juta.
 
"Program padat karya juga dipercepat. Insentif yang dikeluarkan oleh pemerintah terutama minggu lalu yaitu insentif untuk PPnBM untuk kendaraan bermotor maupun PPN perumahan," ungkapnya.
 
Terakhir, pemerintah juga akan mempercepat program vaksinasi yang telah dijalankan sejak pertengahan Januari 2021 lalu. Saat ini sudah 2.104.967 orang menerima vaksin pertama, dan 29.121 orang yang telah disuntik vaksin covid-19 dosis kedua.
 
"Kita juga mempercepat program vaksinasi tahap dua agar masyarakat segera mendapat daya tahan dan terutama herd immunity bisa tercapai," pungkas dia.(R02)

Sumber Berita: medcom.id

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index