Pengumuman...Hari Ini Pendaftaran SNMPTN Dimulai

Pengumuman...Hari Ini Pendaftaran SNMPTN Dimulai

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Siswa-siswi SMA atau sederajat mulai hari ini, Senin 29 Februari 2016 bisa melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. 

Berbeda dari jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya, biaya pendaftaran SNMPTN ditanggung oleh pemerintah. Artinya, para pendaftar tidak akan dipungut biaya apa pun atau gratis. Namun siswa yang mengikuti jalur ini merupakan siswa yang berprestasi ataupun memiliki nilai akademis tinggi.

Dari sisi biaya kuliah, nantinya siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu juga dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/. Dengan meraih bidikmisi, pemerintah akan menanggung total biaya kuliah, termasuk biaya hidup sehari-hari.

Selain menggratiskan biaya SNMPTN 2016, ternyata panitia nasional juga memperketat proses seleksinya. Bagaimana tidak, mahasiswa yang lulus harus berkualitas secara akademik dengan dibuktikan melalui nilai rapor, prestasi-prestasi, hingga nilai ujian nasional (UN) dan indeks integritas sekolah.

Dilansir dari okezone, panitia SNMPTN 2016 turut memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah, seperti akreditasi, prestasi mahasiswa alumni sekolah bersangkutan, jumlah siswa yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri tahun sebelumnya, serta prestasi lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Baik sekolah maupun pendaftar yang melakukan aksi curang akan mendapat sanksi tegas. Jika kecurangan dilakukan oleh sekolah, maka tahun berikutnya sekolah tersebut tidak diikutsertakan dalam SNMPTN. Sementara bagi siswa yang melakukan kecurangan akan dibatalkan status kelulusan SNMPTN-nya.

Tata cara pendaftaran SNMPTN 2016
Pendaftaran SNMPTN 2016 dilakukan secara online melalui laman www.snmptn.ac.id. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan masing-masing siswa supaya dapat melakukan pendaftaran dengan benar.

Pertama, pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan harus menuliskan NISN dan password untuk login ke laman SNMPTN. Kedua, mereka akan mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih. Bagi peserta yang mendaftar pada pada program studi seni atau keolahragaan, wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah.

Langkah ketiga, pendaftar mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. Setelah semua proses pendaftaran selesai, peserta harus menunggu hasil seleksi yang akan diumumkan pada 10 Mei 2016.

Perlu diketahui, seleksi yang kerap disebut jalur undangan ini menggunakan pola penyaringan berdasarkan penelusuran prestasi akademis siswa pelamar.

Panitia seleksi di 78 PTN akan melihat nilai rapor semester I hingga V bagi siswa SMA/MA dan SMK yang masa belajarnya tiga tahun. Sedangkan bagi siswa SMK dengan masa belajar empat tahun, seleksi akan menggunakan nilai rapor sejak semester I hingga VII. Pertimbangan lain dalam seleksi tanpa tes ini adalah portofolio akademis peserta. (R05/OKZ)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index