Menko Marvest Luhut Pandjaitan Klaim Indonesia Sudah Kalahkan Malaysia dan Singapura

Senin, 08 Maret 2021 | 18:51:52 WIB
Menko Marvest Luhut Pandjaitan Klaim Indonesia Sudah Kalahkan Malaysia dan Singapura
Ket Foto : Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Pandemi membuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia naik drastis. 

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia mengalahkan Malaysia dan Singapura.

"Di Indonesia ekonomi digital berkembang dua digit di atas negara lain di ASEAN, Malaysia dan Singapura. Tapi masih kalah dengan yang tumbuh Vietnam 16%," kata Luhut dalam acara Kerjasama Bukalapak dan Microsoft, Senin (8/3/2021).

Luhut menjelaskan beberapa sektor ekonomi banyak yang tidak beradaptasi dengan pandemi. Tapi sektor digital mendapatkan berkah dari adanya pandemi Covid - 19. 

Dari catatannya, ekonomi digital di kawasan tenggara masih mampu berkembang dan mencatatkan nilai Gross Merchandise Value (GMV) mencapai US$ 105 miliar.

Pertumbuhan ini tidak lepas dari sektor investasi yang masuk ke Indonesia. Dari data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) 2020 sektor transportasi, pergudangan, dan telekomunikasi mencatat investasi PMA sebesar US$ 3,6 miliar dan Penanaman Modal Dalam Negeri sebesar Rp 93,23 triliun.

"Investasi yang besar itu sebagian disumbangkan beberapa startup termasuk Bukalapak, dengan kontribusi investasi terhadap perekonomian Indonesia 31,9% terhadap PDB. Investasi digital tidak hanya akan mendorong kemajuan ekonomi digital tapi jadi salah satu kunci memulihkan perekonomian nasional," jelas Luhut.(R04)

Sumber Berita: cnbcindonesia.com


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS