PSU di Indragiri Hulu Dilaksanakan 20 April, Rokan Hulu 21 April, Begini Penjelasan KPU Riau

PSU di Indragiri Hulu Dilaksanakan 20 April, Rokan Hulu 21 April, Begini Penjelasan KPU Riau
Rapat bersama KPU Provinsi Riau sebagai supervisi dan KPU Kabupaten Inhu dan Rohul Senin (29/3/2021) di gedung KPU Riau. /Sumber Foto: tribunpekanbaru

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jadwal pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk Pilkada Kabupaten Indragiri Hulu dan Rokan Hulu. 

Dijadwalkan pelaksanaan PSU Indragiri Hulu akan dilaksanakan pada 20 April 2021, sementara untuk Kabupaten Rokan Hulu dilaksanakan 21 April 2021.

Penetapan ini saat rapat bersama KPU Provinsi Riau sebagai Supervisi juga diikuti KPU  Inhu dan Rohul Senin (29/3/2021) di gedung KPU Riau.

"Presentasi KPU Rohul, rancangan hari PSU adalah Rabu 21 April 2021,”ujar Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan SDM Nugroho Noto Susanto sebagaimana dilansir dari tribunpekanbaru.

Sedangkan KPU Inhu merencanakan hari pemungutan suara ulang pada selasa 20 April 2021.

Selanjutnya, kata Nugroho Noto Susanto, KPU Rohul dan KPU Inhu akan pleno dan menetapkan surat keputusan tentang tahapan pemungutan suara ulang, termasuk hari pemungutan suara.

"Setelah ditetapkan oleh KPU Rohul dan KPU Inhu, maka sudah dapat dijadikan pedoman resmi tentang jadwal tahapan Pemungutan Suara Ulang Pemilihan 2020,"ujar Nugi sapaan akrabnya.

Penentuan hari Pemungutan suara ulang ini kata Nugi, memperhatikan berbagai persiapan.

Seperti ketersediaan logistik, pembentukan atau pengangkatan kembali badan adhoc, sosialisasi, dan koordinasi para pihak.

Sebagaimana diketahui, MK memutuskan untuk dilakukan PSU di 1 TPS di Indragiri Hulu yakni TPS 03, Batang Gansal, dan 25 TPS di Rokan Hulu tepatnya di Tambusai Utara, kawasan perusahaan Torganda.

"Setelah diputuskan MK, tahapan sudah bisa dimulai. Misal penyusunan tahapan, sosialisasi, pencermatan data pemilih, dan lainnya,"jelas Nugi.

Sebagaimana diketahui, sebagaimana keputusan Mahkamah Konstirusi,  di Rokan Hulu (Rohul) akan dilaksanakan PSU di  25 TPS yang berada di areal usaha  PT Torganda.

Sementara di Indragiri Hulu, ada satu TPS di Desa Ringin Kecamatan Batang Gangsal.

TPS ini akan menjadi penentu kemenangan masing-masing Paslon yang bersengketa tersebut.

Di Inhu perebutan antara Paslon Rizal Zamzami-Yogi Susilo dengan Rezita Meylani-Junaidi Rahmat.

Sedangkan di Rohul merupakan persaingan pasangan calon Hafith-Erizal dan Sukiman - Indra Gunawan.(R02)

Sumber Berita: Tribunpekanbaru.com


 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index