Saya Sering Ditanya Kapan Tidurnya, Tri Rismaharini: Yang Luar Biasa Itu Tagana..

Saya Sering Ditanya Kapan Tidurnya, Tri Rismaharini: Yang Luar Biasa Itu Tagana..
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat HUT Tagana ke-17.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Sosial Tri Rismaharini mengapresiasi peran dan pengabdian Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam membantu penanganan bencana. 

Mensos menyebut, Tagana adalah kekuatan berbasis masyarakat yang merupakan bentuk kearifan lokal yang terbukti tangguh dan berdedikasi.

Itu disampaikannya saat perayaan Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Tagana ke-17 Bhakti Sosial dan Jambore Nasional di Plaza Pantai Timur Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021).

Dalam Sambutannya Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan bahwa, dirinya menjadi saksi, bagaimana para tagana di berbagai daerah, yang menjadi orang yang pertama saat terjadi bencana. 
Mereka bekerja dalam sepi tidak ada orang yang meliput tidak ada yang tau siapa yang bekerja.  

"Tagana seolah-olah  tidak ada tapi Tagana hadir ternyata di masyarakat. Saya terus terang waktu itu tidak memperhatikan Tagana mereka hanya membantu, tapi begitu saya berada di Kementerian Sosial saya begitu tau, begitu luar biasanya mereka. Mereka bekerjasama dengan BPBD daerah-daerah meskipun tanpa suara. mereka ada meskipun itu bukan daerahnya. Mereka datang dari berbagai kota sekitar tanpa ada yang menyuruh dan tanpa ada yang memerintah. itulah Tagana yang luar biasa,'' kata dia.

''Tagana Indonesia membuktikan bahwa pancasila ada di tengah-tengah masyarakat karena Tagana membuktikan bahwa dengan Gotong Royong, maka penyelesaian masalah-masalah yang seberat apa pun bisa dileselesaikan secara gotong royong,” lanjut dia.

Pada kesempatan tersebut Tri Rismaharini mengatakan bawa dirinya selalu ditanya, ibu bagaimana istirahatnya, makannya, tapi dibalik itu semua Taganalah yang luar biasa.

"Saya seringkali juga melihat mereka menyiapkan tempat tidur para pengungsi. Mereka menyiapkan makan para pengungsi, tapi kemudian saya bertanya, kamu tidur dimana, nggak tau ibu nanti tidur ditempat seadanya. ayo makan sudah jam 11 malam, belum ibu belum selesai, itulah Tagana Indonesia yang selama ini tidak ada yang mengucapkan terimakasih dan tidak ada yang mengucapkan atau memperhatikan mereka," ucapnya.

Untuk itulah lanjut Risma, di ulang tahun yang ke 17 ini,  mengucapkan terimakasih sekali kepada seluruh Tagana di Indonesia dan salam dari Presiden Joko Widodo yang juga sangat memperhatikan para Tagana seluruh Indonesia, ujarnya disambut tepuk tangan.

Masih dalam lingkup acara, Tagana juga menyelenggarakan pelatihan antisipasi menghadapi bencana dengan melibatkan anak sekolah. 

“Ini bagus ya. Sehingga nanti mereka sudah mulai terbiasa dan mengenal penanganan bencana sejak dini. Ini diharapkan bisa mengurangi resiko bencana,” kata Risma.(R04/r)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index